Abarth Competizione j

Ketika melewati parkiran kantor tiba-tiba terlihat mobil ‘kecil’ berparas unik. Sekilas tampak seperti Fiat 500 yang sudah dimodifikasi, begitu mendekat ternyata mobil ini adalah mobil Abarth 595 Competizione. Mobil yang memiliki basis sama dengan Fiat 500 ini sudah dirombak oleh Abarth, pembuat mobil balap yang didirikan oelh Carlo Abarth di Turin, Italia.

Abarth Competizione f

Ingin rasanya mencoba mobil unik yang jarang kita temui dijalanan Ibu Kota, langsung saja awak media thegaspol.com meminjam untuk melakukan test drive. Hari sudah siang lewat dari jam makan siang, saatnya menguji kekuatan mobil kecil ini.

Abarth Competizione d

Belum memiliki tujuan yang pasti kami berpikir menentukan tempat yang cocok untuk mobil yang tampil sporty ini. Akhirnya kami memutuskan menuju Sirkuit Sentul, terlihat dari luar aura sporty dari mobil ini cukup kental dengan penggunaan bumper depan dan belakang yang didisain sedemikian rupa di tambah decal berbentuk race flag berukuran besar terpampang jelas di pintu Abarth berkelir hitam dan merah ini.

Abarth Competizione g

Aura sport semakin kental saat mulai masuk kedalam kabin, sepasang jok bucket perpaduan warna hitam dan merah menghiasi cockpit dari Abarth 595 Competizione ini. Dashboard perpaduan hitam dan abu-abu gelap bersanding dengan stir 3 spoke berlambang kalajengking yang membedakan mobil ini dengan Fiat 500. Ada sedikit rasa aneh ketika mencari tuas persneling yang tidak terlihat, ternyata mobil ini sudah tidak menggunakan tuas konvensional melainkan tombol untuk menentukan persneling mana yang akan digunakan.

Abarth Competizione e

Saatnya mencoba tempat duduk penumpang belakang, untuk dewasa bagian belakang dirasa cukup tetapi kurang nyaman apa bila memiliki postur besar atau pun tinggi. sudah cukup puas melihat-lihat saatnya menuju sirkuit Sentul.

Abarth Competizione k

Langsung saja menyalakan mesin mobil kecil ini, seketika terlihat tulisan sport di boostmeter yang bersebelahan dengan speedo meter yang dilapis kulit pada bagian atasnya.

Abarth Competizione a

Hal pertama yang kami lakukan adalah mengisi bensin di salah satu Pom bensin di Jl. Kapt. Tendean. Pada saat mengisi bensin banyak pasang mata yang tertuju akan keunikan mobil ini, beberapa orang menyebut “mobil kecil yang keren”. Setelah tanki terisi penuh kami langsung tancap gas menuju Sirkuit Sentul, Bogor. Situasi lalu lintas cukup ramai siang itu, ingin menguji handling sang tunggangan mulai lah menggeber Abarth 595 ini. Mencoba melakukan manuver saat jarak dirasa aman mobil ini tidak terasa limbung, tenaga yang dihasilkan pun terasa mantaapp!!

Abarth Competizione b

Lepas tol dalam kota pedal gas semakin dalam diinjak, tenaga yang dihasilkan mesin berkapasitas 1.6 liter ini sebesar 221 dk disalurkan dengan transmisi otomatis dilengkapi dengan paddle shift pada lingkar kemudi. Singkat kata akhirnya sampai lah di Sirkuit kebanggaan Indonesia, Sirkuit Sentul yang selesai dibangun pada tahun 1994 masih memiliki fasilitas yang sama hingga sekarang. Sirkuit Sentul memiliki panjang 4,12 km yang memiliki tujuh tikungan kanan dan empat tikungan kiri. Tak ingin membuang waktu kami pun bergeser ke parkiran belakang untuk mencoba akselerasi dan manuver mobil kompak ini.

Abarth Competizione

Mobil ini diklaim dapat menembus 100 km/j hanya dengan waktu 6,5 detik, meskipun kami tak bisa mengukur secara pasti tetapi hentakan mesin dirasa bisa membuat badan anda sedikit menempel dijok.