Setelah 18 tahun vakum dari reli dunia, Toyota akhirnya merasakan lagi kemeriahan podium reli dunia di kejuaraan World Rally Championship (WRC). Jari-Matti Latvala sukses membawa Toyota Yaris menjadi kampiun reli Swedia yang diselenggarakan pada 9-12 Februari 2017 kemarin.

Ini adalah kemenangan pertama Toyota sejak 1999 saat resmi undur diri dari WRC. Toyota hanya perlu menunggu dua ronde untuk kembali menjadi juara reli setelah kembali turun reli di di musim ini.

Latvala yang mengemudikan Toyota Yaris WRC mewarisi pimpinan reli ketika Thierry Neuville tersingkir di Sabtu (11/2). Ini menjadi ulangan trek Monte Carlo bagi Neuville yang juga kehilangan P1 di sana saat memimpin.

Ott Tanak kembali naik podium di P2 dengan selisih 29,2 detik dari Latvala sedangkan juara reli sebelumnya, Sebastien Ogier harus puas di posisi ketiga atau tertinggal 59,5 detik dari P1.

“Saya sangat senang sekali atas pencapaian ini. Untuk seluruh anggota tim yang mempersiapkan mobil balap, tak ada kata-kata selain istimewa mewakili kerja kerasnya. Terima kasih sebesarnya untuk para awak tim,” seru Latvala seperti dilansir dari laman Toyota Gazoo Racing.

Toyota Team Europe (nama tim balap Toyota saat itu) tercatat terakhir menggunakan Toyota Corolla WRC di akhir perjalanannya 18 tahun lalu. Carlos Sainz dengan Navigator Luis Moya dan Didier Auriol bersama Denis Giraudet menjadi ujung tombak terakhir Toyota hingga penampilan pamungkasnya di WRC.