BMW tengah menyiapkan kejutan bagi publik Amerika Serikat. Agustus mendatang, M Division pabrikan Jerman itu siap menyibak penampakkan dua mobil konsep mereka di gelaran otomotif bergengsi Pebble Beach Concours d’Elegance.

Well, walau sebetulnya wujud keduanya bisa ditebak. Karena kedua konsep tersebut ialah versi hardcore dari model yang sudah ada.

BMW M4 GTS and CSL Hommage 2

Konsep BMW M4 GTS

Yang pertama ialah BMW M4 GTS yang merupakan versi hardcore dari M4. Perancangan M4 GTS sendiri banyak terinspirasi dari performa safety car MotoGP yang muncul kali pertama Februari lalu.

Mobil tersebut telah dilengkapi water injection system untuk mengatur temparatur turbocharger yang dimilikinya. Hasilnya, power yang disemburkan berhasil mengalami peningkatan menjadi 467 bhp dari sebelumnya yang hanya berkisar 425 bhp.

Menurut Autocar UK, M4 GTS yang bakal tampil di Pebble Beach akan dibuat lebih tipis. Konsep tersebut juga hanya akan memiliki sedikit perbedaan dari versi produksi.

Desainnya, akan dibuat lebih condong untuk penggunaan pada lintasan sirkuit. Diprediksi, beberapa modifikasi seperti penambahan bodywork akan nampak guna peningkatan aerodinamika. Walau begitu, bobot M4 GTS diperkirakan akan lebih ringan ketimbang M4 biasa yang mencapai 1572 kg.

Bagi BMW, penggunaan istilah GTS masih merupakan hal baru. Sejak 2010, BMW menambahkan GTS bagi varian ekstrim M3 yang hanya eksis tak lebih dari 150 unit.

BMW M4 GTS and CSL Hommage 4

Evolusi 3.0 CSL Hommage

Selain bakal menebar aura sporty lewat konsep M4 GTS, BMW juga akan merebut perhatian publik Pebbel Beach dengan desain eksotis evolusi terbaru “batmobile” mereka 3.0 CSL Hommage.

Rencana kemunculan konsep 3.0 CSL Hommage bulan depan tergolong cepat. Pasalnya, basis dari model hardcore ini saja baru dikenalkan pada publik bulan Mei 2015 silam.

Melihat desainnya tak biasa, BMW mendefiniskannya sebagai re-kreasi model klasik 3.0 CSL lansiran 1970. Yang mungkin hanya dilakoni BMW hanya sekali dalam sejarah.

Untuk diketahui, bisa dibilang 3.0 CSL Hommage merupakan kreasi tertinggi M Division BMW akan mobil ekstrim dengan segala spesifikasinya guna menandingi Mercedes-AMG Black Series.