Gran Turismo yang merupakan game balap paling kesohor akhir medio 1990-an, kini sudah memasuki usia yang ke-20 tahun. Selama dua dekade, game simulator balap untuk konsol Play Station ini telah melakukan banyak perubahan demi memenuhi hasrat ngebut penggemarnya.

Permainan ini muncul pertama kali pada 1997. Game aksi mengemudi ini lahir dibidani oleh Kazunori Yamauchi lewat lisensi dari Polyphony Digital di Tokyo, Jepang. Selama kehadirannya, Gran Turismo sudah mendapatkan banyak perbaikan.

Di varian Gran Turismo 2, jumlah besutan yang dapat digunakan bertambah menjadi 600 mobil. Seiring rilisnya konsol permainan Play Station 2, Gran Turismo 3 A-Spec hadir dengan grafis yang lebih baik.

Medio 2004, masih mengandalkan konsol Play Station 2, Gran Turismo hadir dengan versi baru Gran Turismo 4. Pada versi terbarunya saat itu, ada fitur All Driven untuk mobil kategori B-Spec dan fitur photo mode.

Saat Sony merilis generasi penerus konsol Play Station 3, Polyphony Digital kembali merilis varian terbaru Gran Turismo 5. Grafis yang semakin baik dengan opsi hingga 1.000 unit mobil yang bisa dimainkan didalamnya, membuat permainan driving simulator ini semakin diminati oleh gamers.

Kini di usianya yang telah mencapai 20 tahun, Gran Turismo 6 yang dapat dimainkan di Play Station 4 tampil semakin realistis. Resolusi 4K High Dynamic Range (HDR) yang dimilikinya saat ini, membuat Gran Turismo 6 berhasil meraih predikat game driving simulator terbaik dari FIA (Federation Internationale de I’Automobile).