Melebihi perkiraan, penjualan Grup Bosch di tahun 2014 melonjak. Terjadi peningkatan sebesar 6.2 persen menjadi 48,9 milyar euro. “Meskipun kondisi ekonomi sedang sulit, kami berhasil mencapai target bisnis di 2014,” ujar Dr. Volkmar Denner, ketua dewan manajemen Robert Bosch GmbH.

Memang perusahaan penyedia teknologi dan layanan ini telah meningkatkan penghasilannya di 2014. Menurut perhitungan awal performa perusahaan, pendapatan sebelum bunga dan pajak (EBIT) Grup Bosch adalah sekitar tiga miliar euro, dengan margin EBIT sekitar 6,1 persen. Angka tersebut kurang lebih satu poin persentase lebih baik dari angka di 2013, disesuaikan karena satu efek dan lainnya.

“Strategi inovasi kami membuahkan hasil. Keberhasilan bisnis kami dalam beberapa tahun belakangan ini adalah buktinya. Pada 2014, kami terus meningkatkan posisi pasar dan daya saing di berbagai area,” beber Denner.

Dijelaskannya nilai tukar euro memberikan dampak negatif terhadap hasil penjualan sekitar 500 juta euro. Meski begitu setelah menyesuaikan dengan dampak nilai tukar uang, pertumbuhan penjualan pun sanggup mencapai 7,2 persen.

Sebagai tambahan, akuisisi BSH Hausgeräte GmbH dan rencana akuisisi penuh ZF Lenksysteme GmbH membantu Bosch memperkuat posisinya di dua area yang sedang berkembang: smart homes dan kemudi otomatis.