nissan-smart-rearview-mirror-6-1

New York Internasional Auto Show (NYIAS) memang baru akan diselenggarakan minggu depan, namun kabar dari Nissan berikut ini nampaknya sudah harus dibaca sekarang. Pasalnya, di acara tersebut, Nissan bakal meluncurkan inside mirror dengan monitor-LCD pertama di dunia.

Inovasi berjuluk Nissan Smart Rearview Mirror ini tetap diletakan di bagian yang sama dengan inside mirror pada umumnya. Bahkan, Nissan Smart Rearview Mirror sekilas terlihat seperti inside mirror tua dengan model yang ketinggalan jaman.

Namun, setelah dieksplorasi lebih jauh lagi, terdapat tombol flip yang dapat mengaktifkan LCD layar lebar yang memperlihatkan gambar mengenai keadaan sebenarnya dari kamera beresolusi tinggi yang diletakan di bagian belakang kendaraan. Canggih!

Gambar yang tampil di layar menggantikan refleksi yang dihasilkan cermin dengan aspek perbandingan 4:1 untuk bisa memantau apapun yang terdapat di belakang mobil. Tak peduli terhalang penumpang, barang-barang atau apapun di bangku belakang, jika di setting ke fitur wide, makan layar akan memperlihatkan pemandangan di belakang mobil secara panorama.

Selain bermanfaat pada kenyamanan menyetir, kepala perencanaan Nissan, VP Andy Palmer juga berujar jika Smart Rearview Mirror kali ini memungkinkan pembuat desain mobil untuk tidak lagi didikte untuk memberi batasan pada bentuk belakang kendaraan dalam menciptakan mobil.

Bahkan jika bisa menciptakan mobil dengan bentuk yang sangat aerodinamis, mobil tersebut bisa menghemat bahan bakar secara signifikan. Yap, Smart Rearview Mirror satu ini memang akan dipertunjukkan pada NYIAS mendatang di Nissan Rogue 2014.

Namun, faktanya, terobosan ini bakal diimplementasi ke mobil balap Nissan ZEOD RC yang akan dijadwalkan turun di balap ketahanan 24 jam Le Mans. “Karena di bawah kondisi mengemudi yang berat di balap, mempertahankan pandangan yang jelas bagi pebalap adalah hal yang sangat penting,” ungkap presiden NISMO, Shoichi Miyatani.