Ford Fiesta 4

Sejak hadir di tanah air nyaris empat tahun silam, Fiesta bagaikan ‘anak nakal’ yang tiba-tiba nimbrung dalam sebuah lapangan bermain. Lazimnya anak nakal, kehadirannya pasti seakan membuat riak kecil dalam ketenangan suasana. Namun begitu, menjadi sebuah keuntungan sendiri ketika sosok itu memiliki kelebihan (baca : nakal). Sekejap pasti ia akan langsung sohor dan menyita perhatian.

Di kala anak-anak lainnya sedang asik dalam kesederhanaan, ia tampil dengan hal-hal yang dalam bahasa anak sekarang adalah lebay.  Coba Anda perhatikan bentuknya, sang sibling yang sudah hadir lebih dahulupun, yang mana sukses merebut hati lantaran tubuhnya yang molek serta nampak manis malah langsung kalah pamor. Ya, Mazda2 saat itu memang bagai gadis remaja cantik yang hadir di pergaulan yang berisi anak biasa saja.

Ford Fiesta 19

Generasi pertama yang hadir di ajang pameran otomotif  IIMS 2010 pun sudah mendatangkan kehebohan. Bodinya yang lebih montok dan berotot serta mencuatkan aura gesit menjadi daya tarik semua mata yang memandang. Apalagi dengan fitur Ford Sync yang canggih dimana perangkat audio bisa diperintahkan lewat suara sang pengemudi, alias voice command system.

Well, mejadi sebuah gimmick unggulan tentunya. Kala kesibukan menggonta-ganti channel radio dan menelpon kerabat dianggap bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan. Ford meringkaskan kerja tangan dan mata hanya dengan perintah suara.

Ford Fiesta 31Love at first sight – make me feel right, penggalan bait lagu yang menjadi refleksi perasaan hati saya kala melihat Ford Fiesta edisi facelift yang diluncurkan tahun lalu. Desain ‘nakal’ memang masih menjadi daya tarik di mata saya. Saat brand lainnya masih begitu-begitu saja menciptakan sebuah hatchback. Dan mungkin saja yang lain sibuk memikirikan bagaimana membuat mobil kecil yang bisa membawa banyak barang dan irit bahan bakar. Namun Ford lebih melihat hakikat sebuah hot hatch yang sexy dan berotot serta tak melupakan akta kelahirannya sebagai mobil gesit dan lincah di perkotaan.

Nah, mari sama-sama kita lihat apa yang berbeda antara Fiesta yang hadir 2010 dengan versi 2013 ini? Secara fisik keseluruhan memang sulit dibedakan. Apalagi bagi Anda yang tidak terlalu memperhatikan perkembangan desain mobil. Namun bila dilihat dalam pandangan pertama, Anda harusnya tahu dong perbedaan paling mencoloknya? Yes, mukanya sudah berubah. Bentuk grille yang dulunya kecil dan sempit. Kini senyumnya lebar bagai emoticon gasp di media chat.

Ford Fiesta 22

Ya, we’re gasped for the front end ! Dia sudah hadir bagaikan Aston Martin. Saya aware sekali dengan bentuk moncong Aston Martin yang paling kentara di bagian grille. Kalau bicara bodi, sudah pasti cangkangnya masih sama dengan versi lama. Namun bila melirik detail-detailnya, ada banyak perubahan di sektor eksterior dan interiornya. Semisal desain lampu depan yang ujung bagian atasnya lebih tumpul. Lalu lampu belakang bagian mika putihnya nampak lebih besar.

Di bagian interior juga ada yang berganti, utamanya di bagian center stack. Lalu desain jok yang kami lihat juga ada perbedaan desainnya. Atau mungkin hanya permainan stitching saja?  Selebihnya sulit dibedakan dengan model pendahulunya.

Ford Fiesta 35

Tapi bukan itu yang kami fokuskan, tentu saja bagaimana mobil ini dikendarai dan bisa diandalkan. Awalnya kami agak aneh dengan gejala transmisi otomatisnya yang memiliki gejala slip, namun menurut Rifat Sungkar yang saat itu menemani kami untuk test drive, ini memang normal buat Fiesta lantaran karakter ini dihasilkan oleh system double clutch yang dimiliki Fiesta baru. Dan katanya ini juga yang dikatakan sebagai cara-cara efisiensi bahan bakar.

Apa yang kami rasakan saat mencoba unit Fiesta tipe tertinggi kemarin ini adalah sebuah kesenangan. Mobil ini memang serba ringkas, lincah dikendarai, memiliki desain interior yang atraktif. Menurut beberapa orang teman, koleksi warna terbaru ini lebih catchy.

Ford Fiesta 25

Mesinnya memang tidak luar biasa, namun secara transmisi dan efisiensi serta efektifitas tenaga patut diacungi jempol. Jika Fiesta tipe sebelumnya bermesin 1.400 cc atau 1.600 cc. Kini meliputi mesin empat silinder 1,5L Ti-VCT dan 1 L Ecoboost.

Oh ya, teknologi Ford Sync yang tadi saya katakan gimmick. Sebenarnya bisa dikatakan sebagai hadiah besar bagi pemilik Fiesta. “Dulu SYNC ada di Ford yang harganya Rp300 juta, sekarang ada di mobil yang segmen harganya berkisar Rp188 juta sampai Rp228 juta,” ujar salah satu petinggi Ford Indonesia. Sayangnya, kontrol suara saat ini hanya bisa dilakukan dalam bahasa Inggris.

Ford Fiesta 7

Lalu , apa yang menjadi standar mobil modern saat ini juga sudah dimiliki Fiesta, seperti Rain Sensing Auto Wiper, Automatic Headlights  yang membuat lampu otomatis menyala saat kurangnya cahaya luar seperti terowongan. Segi keamanan juga sudah dikawal oleh dual front airbags. “Bahan bakar lebih efisien juga karena ringan tetapi kuat,” tambahnya.

Bicara mobil kecil tentunya wajib hukumnya dituntut kelincahan dan stabilitas. Electronic Stability Program dengan Anti-lock Brakes, Electronic Brake-force Distribution dan Emergency Brake Assist menjadi amunisi penting dalam menaklukkan jalan. Rangka New Fiesta ringan namun kuat karena memakai baja boron yang empat kali lebih kuat dari baja biasa tetapi lebih enteng.

Ford Fiesta 17

Ada lagi fitur canggih yang jarang ditemui pada kendaraan kecil. Adanya Hill Launch Assist membantu mobil tidak nyelonong mundur saat tanjakan. Dengan HLA, mobil akan berhenti otomatis selama tiga detik saat kaki berpindah dari pedal rem ke gas.

So, berapa dana yang Anda harus siapkan untuk meminangnya? Yes, siapkan budget Rp195 juta – Rp280 juta.  Value for money tentunya bila dibanding seabrek fitur yang disajikan. Well, Get your baby Aston Martin.