1962 Ferrari 250 GTO

Anda seorang milyuner, dan kolektor mobil klasik? Nah, info satu ini mungkin bisa dijadikan referensi untuk menambah koleksi mobil langka di garasi. Cukup siapkan dana 35 juta Pound Sterling atau sekitar Rp 714,5 miliar untuk menebus kendaraan yang sangat luar biasa dan melegenda ini. Tapi siapakah dia?. Ferrari 250 GTO Berlinetta keluaran tahun 1962 adalah jawabannya.

Rencananya supercar klasik ber-icon kuda jingkrak ini akan dilelang di rumah lelang barang mewah Bonham di California pada bulan depan. Dan bila terjual, Ferrari ini akan menjadi mobil paling mahal yang pernah dilelang. Bahkan, mobil ini akan memecahkan rekor lelang dari Mercedes Benz W196 yang terjual dengan harga US$ 30 juta atau sekitar Rp 356,8 miliar pada acara lelang tahun lalu.

Tapi tak apalah. Meski cukup menguras tabungan, Ferrari yang dilempar dengan harga tertinggi ini cukup worth it untuk mengisi garasi classic Anda, karena kendaraan ini memiliki sejarah kejayaan yang sangat panjang.

Singkat cerita, sang supercar legenda ini merupakan mobil ke-19 yang diproduksi di Maranello pada September 1962 dengan kode sasis 3851 GT. Ferrari 250 GTO Berlinetta mengusung mesin V12 berkapasitas 3,0 liter yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 300hp.

Selain itu, mobil ini juga sempat tercatat dalam ajang balap di Eropa, diantaranya yakni Tour de France Automobile di tahun 1962 yang dikemudikan oleh pembalap Perancis, Jo Schlesser dan menyabet juara kedua.

Dan pada tahun 1965, seorang pemuda Italia bernama Fabrizio Violati membeli Ferrari 250 GTO tersebut dari Colombo dan hanya ia gunakan untuk jalan-jalan di malam hari.

Akhirnya, setelah tersimpan rapi selama hampir 45 tahun di garasi rumah Violati, Ferrari 250 GTO ini keluar kandang dan dilelang pada 14 Agustus mendatang di ajang Quail Lodge di rumah lelang Bonhams di California.