Triumph Street Triple 675R h

Tidak perlu bermimpi mau berkelana ke pesisir sungai di kota Hinckley, Inggris dengan dandanan ala rockers atau mencicipi senja di market town yang terletak di barat daya Leicestershire. Get real!! Melesat di kota sendiri jauh lebih nikmat. Coba saja riding pagi hari di akhir minggu menikmati terpaan angin di pinggir laut. Tidak usah jauh-jauh, cukup ke kawasan Pantai Mutiara atau mengendus segarnya aroma klorofil di Puncak, Bogor dan diakhiri dengan mengecap penganan favorit Rumah Makan Kalimantan, Cipanas. Pastinya seru, tidak merusak tabungan dan bisa dilakukan kapan saja.

Triumph Street Triple 675R g

Seperti yang kami lakukan beberapa waktu lalu bersama beberapa orang rekan penggila kuda besi asal Britania. Berbekal Triumph Street Triple 675R pinjaman, perjalanan dimulai dengan penuh rasa khawatir. Apa iya mesin DOHC 674,8 cc milik streetfighter ini bisa melawan saudara kandungnya yang notabene memiliki kapasitas mesin di atas 800 cc? “Ah, cuek saja. Yang penting riding.. Mau ditinggal ya silahkan, yang penting sudah tahu lokasi finishnya,” begitu gumam saya.

Triumph Street Triple 675R z

At the first sight, lekuk tubuh telanjang nan sensual bawaan motor berbandrol Rp 285 juta ini sengaja diracik untuk mengekspos desain mesin tiga silinder yang berotot. Ditambah dengan lekukan halus tiga pipa knalpot yang mengalir menuju dua laras yang tersembul tepat di bawah lampu belakang. Hmmm. Seksi..

Triumph Street Triple 675R j

Namun sejatinya, yang pertama kali menyedot perhatian di Triumph Street Triple 675R ini adalah rancangan lampu depan yang mengingatkan saya dengan tokoh kartun Gary, siput peliharaan Sponge Bob. Walau aneh, namun desain headlight ini diklaim sangat membantu para pengendara-nya untuk mendapatkan pencahayaan yang stabil dan tetap fokus.

Triumph Street Triple 675R i

Sambil laju melintasi deretan mobil yang terpaksa berhenti lantaran proses pelebaran jalan yang terbengkalai, mata kembali dimanjakan oleh deretan panel indikator berisi beragam informasi. Mulai dari speedometer, trip-meter, odometer, jam digital dan indikator bensin, temperatur mesin hingga takometer. Istimewanya, ada shift light dengan LED biru berjajar di sisi atas takometer. So, jika putaran mesin sudah terlalu tinggi, lampu tersebut akan menyala tanda harus pindah gigi.

Triumph Street Triple 675R l

Tak disangka! Walau diklaim punya tenaga sebesar 106 hp dan torsi 68Nm, namun mesin berpendingin udara ini mumpuni untuk melayani performa motor lain yang memiliki cc lebih besar. Bodinya yang kompak dengan bobot total 189 kg membuat Street Triple mudah meliuk dan diajak rebah sambil mengasapi saudaranya seperti Triumph Tiger atau Scrambler.

Triumph Street Triple 675R k

Apalagi ditambah dengan sistem suspensi depan up-side down dan swingarm braced, twin-sided berbahan almunium dan monoshock adjustable membuat motor ini cukup stabil saat melibas tikungan. Maka tak heran jika banyak orang yang mengandalkan motor ini sebagai pacuan harian.

Triumph Street Triple 675R c

Puas bercengkerama bersama di antara pepohonan dan perkebunan, melintasi jalan berliku, menanjak hingga turunan, kini saatnya kami bercanda ria sembari memelototi Triumph Street Triple 675R. Hmm.. apa yang kurang ya? Moncong knalpot yang kebesaran? Ahh.. Tidak juga. Piranti tersebut sepertinya dirancang gambot untuk menutupi ruang menganga di kolong spakbor belakang. Lampu depan? Iya sih.. Lampu depannya aneh. Tapi… Lucu…