Toyota Rush 3

Ada hal-hal yang memang bisa diukur dan ada pula yang tak dapat dijelaskan dengan logika. Cinta memang tak dapat dijelaskan dengan logika. (Agnes Monica).  Baik buruk yang terdapat pada apa yang telah dipilih akan menjadi nisbi.  Dan Toyota adalah brand yang banyak membuat orang ‘gagal paham’.

Toyota Rush 6

Kuatnya brand yang sudah ditancapkan di tanah air sejak awal tahun 70-an membuat orang tak kuasa melirik ke brand lain. Tak perlu banyak gimmick yang dilakukan oleh produsen pun, tetap saja konsumen akan memilih brand ini Semua itu diraih bukan tanpa kerja keras yang telah dilakukan para pendahulu mereka. Mempertahankan image, inovasi teknologi dan menjaga kualitas dalam segala hal juga terus dijalankan.Well, mari kita bahas Toyota Rush yang baru saja kami kencani dalam rangka kangen berat.

Toyota Rush 8

Sejak kemunculannya tahun 2006 Rush memang menjadi hal baru dalam pilihan mobil keluarga yang ingin tampil sedikit lebih gagah dan multifungsi. Kami jadi ingat ketika seorang teman dulu sempat berkata. “lucu juga tuh fortuner kecil,”. Kalau dari kelasnya Rush memang bagai kakak dari Avanza yang lebih gagah sedikit. Biar bisa menerabas jalan yang agak rusak lantaran bentuknya yang SUV ditilik dari ground clearance serta ukuran ban yang lebih besar. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Rush memiliki bantingan yang lebih keras dibanding Avanza. Tapi bagi kalangan yang tinggal di pinggiran kota, mobil ini malah menjadi pilihan yang tepat. Sebab mereka yakin betul bahwa medan yang mereka lalui masih banyak jalan yang tak semulus aspal perkotaan.

Toyota Rush 5

Bicara Rush, bagi kami hanya kalah satu point dari sibling-nya – Terios. Yang jelas memiliki keunggulan jumlah kursi ketimbang Rush yang cuma mampu mengangkut lima penumpang. (walau kenyataannya Anda pun bisa memodifikasi kursi baris ketiga itu dengan memasang milik Terios).

Toyota Rush 2

Nah, selama perjalanan life cycle yang masuk tahun ke delapan ini. Medium SUV ini terus melakukan facelift tiap tahunnya agar sedikit ada perbedaan per tahunnya. Padahal kalau boleh jujur, menilik dari beberapa statement awam, “Toyota enggak perlu banyak diubah pun tetap saja konsumen akan beli. Ya mereknya lah yang membuat kita yakin untuk membelinya”.

Toyota Rush 1

Mau tahu bukti Rush masih dicintai?  Bahwa dengan bentuknya yang as it is alias sederhana ini saja, Ford Ecosport yang hadir dengan persenjataan komplit saja belum bisa menggempurnya. See?

Toyota Rush 7

Untuk versi 2014 yang kami uji kemarin, memang kami tak mendapatkan unit yang paling tinggi kelasnya. Namun begitu tetap saja kami anggap sudah mewakili. Rush terbaru yang mengadopsi mesin IL4, 16V, DOHC, VVT-i dengan kapasitas 1500cc ini terbilang lumayan. Mesin berseri 3SZ-VE tersebut terbukti mampu menghasilkan tenaga hingga sebesar 109 Ps pada 6000 rpm. Tarikannya tak terlalu bengis. Namun cukup lah.

Toyota Rush 4

Secara fitur yang ditawarkan? Kami sudah mengatakan bahwa Rush ya as it is. Tak terlalu neko-neko. Fitur-fitur standar yang dirasa wajib memang sudah dipenuhi. Antara lain seperti SRS airbag, sistem pengereman ABS dan  perangkat Immobilizer.

Toyota Rush

So, Rush masih tetap dicinta dengan penampilan yang as it is. Namun life cycle yang sudah berumur delapan tahun juga perlu menjadi pertimbangan produsen agar pecintanya tak berpaling ke yang lain.