Mungkin bagi sebagian orang, yang mengunakan motor sebagai moda transportasi sehari-hari, memakai sepeda motor dianggap sebagai hal yang mudah, segampang memutar throttle gas. Namun ternyata mengendarai motor yang nyama dan aman adalah sebuah hal yang lebih daripada itu.

Maka berdasarkan prinsip itulah Troupe Brut Rides Industry mengajak para anggotanya untuk sama-sama belajar di klinik Safety Riding dengan Motorcycle Academy Indonesia (MAI) di The Breeze, BSD, Tangerang, pada Minggu (20/01). Hampir sebanyak puluhan pengendara Triumph berkumpul untuk mengikuti instruksi dari chief isntruktur Joel D. Mastana.

IMG_9899

Joel yang sudah berpengalaman dalam mengendarai motor pun menuturkan dasar-dasar berkendara. Dia berujar masih banyak kekeliruan dalam mengendarai motor karena kurangnya edukasi. “Kebanyakan orang punya motor dan sim yang cuma nembak,” jelasnya.

Instruksinya pun cukup sederhana. Dalam suasana kekeluargaan yang akrab, Chief Joel dengan runtut menjelaskan dasar-dasar mengendarai motor yang benar. Mulai dari posisi berkendara, memutar gas, pengereman, sampai cara berbelok yang benar. “Kekeliruan orang kala berbelok adalah mengandalkan rem depan, itu salah,” terangnya jelas.

IMG_9883

Setelah sesi kelas selesai, para pengendara Triumph langsung melakukan praktek di depan kantor Sinarmas, BSD. Chief Joe dan para anggota MAI pun mendampingi dengan cermat dan melakukan koreksi. Meski sempat ada insiden terjatuh, chief Joel pun menanggapnya wajar.

“Lebih baik kita jatuh di sini saat belajar daripada jatuh di jalan dan membahayakan orang lain,” tegasnya.

Troupe Brute Rides Industry masih berencana untuk mengajak para anggotanya belajar usai kegiatan ini. Ke depannya mereka akan menyiapkan agenda untuk mengaspal di sirkuit.