Pasti penikmat layar kaca tidak ada yang tidak kenal dengan pria berpenampilan nyentrik ini. Selain ternama sebagai aktor dan musisi, Taura Danang Sudiro atau yang akrab disapa Tora Sudiro juga mashyur sebagai comedian. Karir pria 41 tahun ini melambung lepas membintangi film layar lebar bertajuk Arisan! di 2003. Hingga saat ini sudah lebih dari 29 film layar lebar dan lebih dari 10 judul sinetron serta FTV dibintanginya.

Tora-Sudiro-7

Selain dikenal sebagai selebriti, Tora juga sangat akrab dengan ranah otomotif. Pehobi tattoo yang kini sedang menikmati tren rokok elektrik ini punya deretan sepeda motor yang dikoleksinya sejak beberapa tahun silam. Simak perbincangan TheGasPolCom dengan Tora Sudiro seputar karir dan hobi yang tentunya dihiasi dengan gelak tawa.

Tora-Sudiro-14

Hallo Tora, sedang sibuk apa sekarang?
Lagi break shooting sinetron Tukang Bubur Naik Haji nih, disingkat TBNH.

Ceritakan sedikit dong tentang sinetron itu?
Di sinetron itu gue berperan jadi tukang bengkel alias mekanik. Makanya judul sinetronnya tadinya mau gue ambil, terus diganti jadi Tukang Bengkel Naik Haji. Kan sama-sama TBNH. Hahahahaa..

Tora-Sudiro-12

Kegiatan kamu selain shooting sinetron sekarang apa?
Gue bikin production house sendiri. Namanya ASIK, singkatan dari Awan Sinema Kreasi. Tadinya mau dikasih nama Megah Inspirasi Sinema, disingkat MIRAS. Hahahahaaa.. Tapi dilarang. Padahal kan sangar. Hahahaaa…

Tora-Sudiro-18

Ngomong-ngomong, motor kamu banyak juga ya. Bisa diceritakan?
Iya, ada Harley-Davidson Dyna Glide, Vespa VBB 1964, Vespa GTS 150, Yamaha TW, BMW R75/5, sama Triumph-Werke Nürnberg alias TWN.

Tora-Sudiro-17

Ada kisah unik dari masing-masing motor ini?
Semua motor gue itu punya nama. Kayak si Harley-Davidson Dyna Glide namanya Jalu, Ramdhan yang BMW, Triman buat Vespa VBB, Yamaha TW gue kasih nama Daus dan Danarko si TWN yang sudah 7 tahun nemenin.

Tora-Sudiro-8

Yang paling kamu ingat, kisahnya yang mana?
Yang BMW R75/5. Ceritanya waktu itu gue sama Isa Bajaj lagi shooting pas bulan puasa. Makanya dikasih nama Ramdhan. Pas shooting si Isa bawa BMW R80 punyanya. Kepincut sama mesin boxernya, gue langsung nanya ke Isa, “ada yang jual lagi enggak motor kayak gini?” Shooting belum selesai, Isa sudah balik lagi sambil bawa foto motor ini. Katanya BMW ini tangan kedua. Pemilik pertamanya orang bule yang tuker motornya sama stick golf. Terus pemilik keduanya orang Jakarta Timur. Yang lucu, nyaris semua yang ada di motor ini masih berfungsi dengan baik. Kecuali kabel-kabelnya yang putus setelah digunting istri si pemiliknya. Hahahaaa…

Tora-Sudiro

Sepertinya hampir semua motor yang ada di sini sudah dimodifikasi. Betul enggak?
Iya. Motor yang gue suka pasti gue modif. Mulai dari Dyna yang sekarang tampilannya jadi Bobber, BMW yang gue bikin agak tracker, Yamaha TW yang jug ague custom sampai Vespa yang aslinya berwarna hijau terus gue ganti jadi silver dan ditambahin aksesoris.

Tora-Sudiro-15

Sebenarnya influence kamu main motor datang darimana?
Gue itu main motor gara-gara dilarang orang tua. Soalnya semua yang dilarang pasti gue lakuin. Hahahaa.. Enggak boleh tattoo-an, gue nattoo. Enggak boleh piercing, gue nindik. Enggak boleh naik motor, ya gue beli motor. Hahahaaa…

Tora-Sudiro-10

Kamu enggak mau mengkoleksi motor secara spesifik? Maksudnya cuman ngumpulin satu brand motor saja?
Enggak ah, gue enggak suka. Itu kenapa gue bikin Nongol.

Apa sih Nongol itu?
Nongol itu singkatan dari Non Golongan. Ini bukan klub motor lho ya. Tadinya gue pingin kayak Lonewolf gitu di luar negeri. Kemana-mana riding sendiri, diterima sama klub apa aja. Cuma karena namanya harus pake Bahasa Indonesia, masa dikasih nama Serigala Kesepian? Hahahaaa…

Tora-Sudiro-9

Lalu?
Nongol awalnya cuma gue, Choki Netral, Stevie Item sama beberapa teman lain yang total jumlahnya 7 orang. Tadinya kita mau masuk ke klub motornya Om Indro Warkop (Black Angel). Tapi kok kita nggak dipanggil-panggil? Hahahahaaa.. Terus akhirnya pas lagi riding ke Puncak tercetus deh nama itu. Enggak perlu resmi-resmian lah, yang senang-senang aja. Makanya muncul nama Nongol, yang gambarnya mukanya Choki. Hahahaaa… Tapi sekarang beberapa teman sudah bergabung kok sama Om Indro Warkop.

Tora-Sudiro-1

Kamu kan sudah punya semua motor impian nih, masih ada yang kamu idamkan?
Banyak! Salah satunya gue masih pingin banget punya BMW R1200 GS. Tapi harganya… Hahahaaa…

Kalau mobil?
Ah, kalau mobil sih gue enggak macam-macam. Karena dari kecil sudah terbiasa naik mobil-mobil tinggi kayak Toyota Kijang, jadi kalau naik sedan suka eneg. Hahahaaa… Makanya sekarang gue pake pickup, Nissan Navara.

Tora-Sudiro-2

Naik motor paling jauh kemana?
Gila! Pengalaman gue naik motor paling jauh ke Monas.. Hahahaaa… Ke Puncak doang sob. Kalau gue riding jauh-jauh itu bukannya enggak suka, cuma enggak suka nginepnya. Karena gue cuman suka pas ridingnya.

Tora-Sudiro-16

Pendapat kamu tentang industri layar kaca?
Nah, ini dia.. Kita sebenarnya enggak ada yang salah. Tapi kalau ngomongin soal kualitas, jangan salahin yang buat. Soalnya mereka mampu bikin sinetron yang berkualitas dan layak ditonton. Tapi si pembuat ini didorong untuk menuruti kemauan industri. Bisa saja tuh mereka shooting pagi, malamnya sudah tayang. Bahkan tidak jarang mereka shooting untuk dua episode hanya dalam satu hari. Bagaimana mau bikin tontonan yang berkualitas kalau kayak begitu.

Tora-Sudiro-5

Menurut kamu dunia perfilman saat ini bagaimana?
Ghoib! Membingungkan. Ramuannya enggak ada. Sebagai contoh ada dua film, sutradaranya sama pemainnya sebagian besar sama. Yang satu film temanya romantis dengan lokasi yang keren banget, sementara yang satu judul lagi shootingnya di tempat yang biasa saja. Tapi justru yang tempatnya biasa itu yang paling laku, padahal aktingnya cuma ketawa-ketawa doang, cengengesan.

Tora-Sudiro-3

Karir kamu sebagai comedian, sepertinya sedang vacuum. Padahal kamu sempat ngetop lewat Extravaganza. Kenapa?
Nah, bukannya enggak mau. Tapi kayaknya gue enggak ngelawan kalau ketemu pelawak-pelawak sekarang. Bercandaan gue tuh masih kebawa Srimulat banget. Maksudnya gue harus ngebangun plot sendiri, mikirin sendiri terus lo pecahin. Nah, makanya gue enggak begitu mengerti dengan dunia komedi sekarang.

Tora-Sudiro-4

Ada rencana untuk film layar lebar?
Ada satu judul film yang sudah siap untuk produksi, mudah-mudahan sudah bisa jalan di Februari ini dan bisa tayang di awal tahun depan.

Tentang apa tuh? Bisa diceritakan?
Masih dirahasiakan. Yang pasti ini film bagus, temanya sih masih komedi. Pokoknya intinya di film ini gue ngumpulin temen-temen lama gue.

Tora-Sudiro-20

Hobi lain kamu apa?
Dulu gue sempat main sepeda. Karena teman-teman suka main sepeda fixed gear, makanya dulu gue  bikin Tremorz. Tapi sekarang berhenti main sepeda gara-gara bukannya kurus, tapi malah makin gendut. Hahahaaa…

Tora-Sudiro-19

Punya pesan buat insan otomotif?
Kebetulan nih.. Kalau orang naik motor, mau pakai helm apa enggak terserah deh ya. Yang penting kalau naik motor malam-malam lampunya nyalahin. Soalnya itu ngebahayain orang lain juga, bukan diri lo sendiri.