Bertahun-tahun bekerja sebagai penulis otomotif dan kerap menguji coba kendaraan terbaru. Ada saja pengalaman menarik dan unik yang terjadi pada diri kita dan orang-orang yang berada di sekeliling. Mulai dari decak kagum, histeris ingin memiliki, hingga biasa saja tanpa ekspresi.

Namun Mazda Biante punya cerita tersendiri. Mungkin sebagian besar orang hanya melihat dari sudut fungsi sebagai minivan pengangkut tujuh penumpang yang serbaguna, value for money dari brand terpercaya, plus desain yang spektakuler sebagai bonusnya.

Mazda-Biante-7

Namun siapa nyana bahwa desain MPV lansiran tiga tahun lalu ini cukup membuat anak kecil kegirangan melihat wujudnya. Apalagi ketika mulai masuk ke bagian kabin.

Well, anak kecil memang penuh imajinasi. Apapun bisa menjadi mainan bagi mereka. Onggokan pasir di depan rumah serta genangan air di halaman belakang juga bisa menjadi wahana permainan.

Mazda-Biante

Nah, histeria berawal saat saya membawa pulang. Wow ini Mazda Biante kan, aku tau kok. Om liat dalamnya dong. Ya begitulah resiko tinggal di perumahan cluster kecil yang tetangganya berisi anak kecil semua. Dari sini kelihatan mereka memang sudah tahu Biante. Cuma mereka ambil kesempatan untuk mengetahui lebih dalam ketika ada orang yang mereka kenal membawa unit ini.

Mereka kagum melihat bentuk bonnet yang merunduk dan lancip. Kemudian desain lampu depan serta foglamp yang memanjang bagai merangsang imajinasi kanak-kanak pada tayangan film luar angkasa. Waaaahh…

Mazda-Biante-8

Berawal dari memainkan power sliding door pintu belakang, dimana saya memegang remote dari luar dan membuka kedua sisi pintu secara bergantian dan empat anak kecil mulai keluar masuk dari kedua sisi pintunya. Seru. Hahaha..

Makin seru ketika kami masuk ke dalam ruang kabin untuk sedikit jalan-jalan ke sebuah mal dekat rumah. Nah dari sini mereka mulai heboh ketika memandangi desain dashboard dan panel instrument yang memiliki cahaya berpendar. Posisi dashboard yang menjorok ke depan serta pipih bagai piring terbang UFO juga membuat mereka cukup tercengang.

Mazda-Biante-2

Intinya, Biante yang diciptakan “is aimed at young couples with small children” alias segment market keluarga muda yang memiliki anak kecil memang sudah pas. Terbukti anak kecil suka sekali dengan mobil ini.

So, bagi kami yang sudah di usia mapan. Desain Biante yang terlalu spektakuler justru membuatnya tak timeless, sebab makin tinggi wow factor yang terjadi, makin pusing pula team designer sebuah brand untuk mempertahankan. Dan biasanya bila hadir generasi terbaru nanti, ada dua kemungkinan yang terjadi. Antara model pendahulunya langsung kelihatan kuno dan basi karena model barunya hadir lebih menawan. Atau malah anti klimaks karena malah tak sebagus model terdahulunya.

Mazda-Biante-1

Terlepas dari itu semua, hari ini Mazda memang banyak membuat mobil bagus. Mungkin bisa dibilang jauh lebih inovatif ketimbang kompetitor terdekat mereka. Secara mesin, teknologi mesin 4 silinder SKYACTIV-G 2.0L ini sudah mewakili teknologi terkini untuk sebuah kendaraan.

Power 151 daya kuda pada putaran 6000rpm serta torsi 190NM pada 4100rpm juga cukup menghela bodi rampingnya. Perkara transmisi juga tak perlu diragukan lagi, Mazda memang salah satu jagonya. Smooth dan mengalir lembut dengan 6-Speed with Active Adaptive Shift and Direct Mode

Mazda-Biante-3

Perkara keamanan dan keselamatan. Mutlak rasanya untuk kendaraan yang harus melindungi keluarga Anda.  Mari kita sebutkan satu persatu; Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Emergency Brake Assist (EBA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), serta dual SRS Airbags di bagian depan siap mengawal.

Ok childs, get ready for the wormhole.