Apa sih yang dimaksud dengan gummi-kuh? Arti harfiah dari kata ini sejatinya adalah sapi karet. Namun di kalangan penggemar motor di benua Eropa, kata ini kadung melekat pada penunggang motor bermesin boxer produksi BMW. Tidak hanya di luar negeri, populasi sepeda motor lansiran BMW Motorrad di dalam negeri kian menjamur. Terbukti dengan maraknya kehadiran dealer motor besar Bavaria tersebut di beberapa kota besar di Indonesia. Lalu bagaimana cara mereka menarik pelanggan? Tentunya dengan melengkapi varian-varian BMW di dalam negeri seraya membekali dealernya dengan beragam fasilitas.

BMW-Jakarta-Motorrad-(13)

Salah satu yang TheGaspolCom sambangi adalah Jakarta Motorrad. Kendati baru seumur jagung, namun gerai yang berada di Gading Kirana Timur H 13/26-27, Kelapa Gading ini sanggup mewujudkan mimpi penggemar motor-motor BMW.

BMW-Jakarta-Motorrad-(11)

“Jakarta Motorrad menjual hampir seluruh varian BMW. Mulai dari BMW R 1200 RS, BMW S 1000 XR, BMW F 800 R, BMW HP4, BMW K 1200 RT, BMW R 1200 GS hingga BMW R NineT. Di sini kami hanya menjual motor yang memang ready stock. Sementara untuk pelanggan yang menginginkan scooter BMW seperti C 650 GT terpaksa inden selama tiga bulan,” jelas Matthew Shawn, Marketing Director Jakarta Motorrad.

BMW-Jakarta-Motorrad-(14)

Tidak hanya itu. Menurut pembesut BMW R 1200 GS ini, Jakarta Motorrad hanya menjual sepeda motor dengan spesifikasi sama seperti yang dijual di Jerman alias Germany Spec.

BMW-Jakarta-Motorrad-(1)

“Spesifikasi varian motor yang kami jual di sini memang berbeda dengan yang dijual dealer lain. Kami hanya menjual motor Germany Spec, bukan Asian Spec atau yang lainnnya. Misalnya untuk varian GS, Jakarta Motorrad tidak menjual yang low frame, namun yang original lengkap dengan heated grip, cruise control, sampai semi-active Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjustment). Karena menurut saya saat orang membeli motor, pasti nantinya akan di-upgrade. Jadi ketimbang repot, lebih baik langsung beli yang high spec,” tambahnya.

BMW-Jakarta-Motorrad-(23)

Ah, ketimbang penasaran, lebih baik kami langsung masuk ke dalam. Sekilas fasia muka dari bangunan dua lantai yang berdiri di atas lahan seluas 250 m2 dimaksud tidak berbeda dengan deretan ruko di sebelahnya. Yang menjadi penciri hanyalah kaca tebal yang mendominasi bagian depan plus imbuhan Jakarta Motorrad gambot di atas pintu masuk. Begitu kaki melangkah masuk ke ruang dalam, konsep sederhana langsung terasa. Pasalnya, lantai bawah dari gerai ini memang hanya difungsikan sebagai workshop. Mungkin sebaiknya disediakan deretan sofa nyaman ditemani dengan perangkat televisi layar datar agar customer betah kongkow sambil menunggu motornya selesai direparasi.

BMW-Jakarta-Motorrad-(22)

Matthew mengklaim bahwa pihaknya sengaja mengimpor langsung beragam perangkat untuk memperbaiki motor customernya langsung dari Jerman. Prosesnya sendiri digawangi oleh 2 tenaga mekanik plus master certified technician.

“Kami sengaja mendatangkan tools seperti wheel and tyre tools, BMW special tools hingga diagnostic/scan tools BMW MOSS PC agar hasil pengerjaannya presisi dan sempurna,” jelasnya.

BMW-Jakarta-Motorrad-(16)

Naik ke lantai dua, nuansa yang lebih hangat sontak terasa, berkat pengadopsian ornamen kayu di beberapa bagian. Section ini difungsikan sebagai ruang pamer motor dan aksesoris berkendara.  Saat TheGaspolCom berkunjung ke sana, hanya 2 unit BMW R 1200 GS, 1 unit BMW R 1200 R dan 1 unit BMW R 1200 RT. “Kebetulan beberapa varian BMW yang kami import sudah sold out, yang terakhir adalah BMW R nineT,” tutur Matthew yang setia menemani kami saat itu.

BMW-Jakarta-Motorrad-(10)

Untuk Anda yang menginginkan tampilan eksklusif saat touring bisa memilih deretan t-shirt, balaclava hingga jaket touring genuine BMW Motorrad. Oh ya, jaket-jaket ini juga bisa dicustom sesuai dengan ukuran badan pembelinya. Syaratnya, Anda harus sabar menunggu selama tiga bulan sebelum jaket tersebut tiba di rumah. Selain aksesoris pendongkrak gaya, gerai yang dibuka pada November 2014 dimaksud juga menyediakan aksesoris sepeda motor produksi BMW Motorrad dan Wunderlich. Jadi untuk Anda yang butuh pannier set, handlebar muffs, atau screen deflector anyar sebelum touring, bisa langsung menuju ke sini.

BMW-Jakarta-Motorrad-(8)

Yang unik, gerai ini tidak hanya sekedar menjual motornya saja. Namun juga memperhatikan hingga ke layanan purna jual. Seperti menyediakan spare part, kontrak service hingga program trade-in.

BMW-Jakarta-Motorrad-(6)

“Semua motor yang kami jual dibekali dengan kontrak service untuk periode 2 tahun tanpa batasan kilometer. Jadi pembeli cukup mengganti sendiri ban, aki dan mengisi bensin. Sisanya serahkan ke kita. Dengan catatan semua service record termasuk pemasangan komponen elektrik harus di bengkel Jakarta Motorrad,” tutup Matthew.