Seorang Presdir dari salah satu bank asing yang pernah kami wawancarai sempat melontarkan statement yang unik. “ Bila kamu ingin dilirik wanita muda di Eropa, kamu harus mengemudikan Ferrari. Atau malah Vespa tua dan FIAT Cinquecento.” Waahh, intinya? Ya intinya adalah kendaraan-kendaraan itu memiliki daya tarik kuat sebagai head turner. Jadi tak melulu kemewahan dengan harga mahal. Namun bentuk unik juga menjadi kelebihan mereka. Lalu apakah Anda bisa menarik kesimpulan lain? Hmmm…semua made in Italy.

FIAT-500-Sport-5

Ini kami alami sendiri kala mengemudikan FIAT 500 berkelir merah bertipe Sport. Ya, tipe Sport 2015 ini memang memiliki beberapa perbedaan terutama di display instrument cluster yang didominasi tampilan digital.

FIAT-500-Sport-4

Yes, kami memang telah mencoba dua tipe Fabrica Italiana Automobili Torino 500 sebelumnya. Model Lounge dan Convertible. Kali ini Sport memang baru kami coba. Lalu apa perbedaannya?

FIAT-500-Sport

Yang kami lihat secara umum adalah berkurangnya lapisan krom di beberapa detail, seperti handle pintu dan list bumper. Kemudian di bagian interior juga tak minim laburan krom. Gantinya adalah warna metal pekat. Begitupun dengan permainan warna di dashboard, jok dan door trim. Bila biasanya Anda akan melihat paduan warna krem, merah, biru atau warna-warna pastel lainnya. Kali ini Anda hanya menemui warna monokrom hitam dan abu-abu.

FIAT-500-Sport-1

Untuk mengetahui ciri varian Sport secara langsung adalah dengan memperhatikan bumper depan dan belakang yang memang relatif lebih lebar dan tanpa balutan krom.

FIAT-500-Sport-7

FIAT 500 sejak diperkenalkan tahun ’57 memang terlahir sebagai mobil kecil yang dicintai warga Italia. Dan selama perjalanannya, FIAT 500 juga tergolong pada 10 mobil sepanjang masa yang mempengaruhi dunia otomotif. Yap, sebagai gambaran lain, VW Beetle, Jeep dan Land Rover juga telah menjadi ikon dunia otomotif hingga saat ini.

FIAT-500-Sport-3

Lihat saja dimensinya yang hanya panjang 3.546mm, lebar 1.627mm dan tinggi 1.488mm. Tak heran bila ukurannya sangat ideal untuk lingkungan perkotaan di Eropa. Nah, bukan hanya di Eropa, pengalaman kami bepergian ke Jepang pun FIAT 500 ternyata banyak berseliweran menemani Kei-Car (K Car) alias mobil-mobil kecil seukuran Karimun di Jepang. Walau Kei_Car kebanyakan hanya berkapasitas 1000cc.   FIAT 500  dibekali mesin 1400cc 16 katup OHV dengan tenaga 100 daya kuda yang diteruskan oleh transmisi Dualogic™ robotised gearbox.Tak heran bila sang Cinquecento bila berlari hingga 182 km/jam.

FIAT-500-Stylish-Getaway-5

Sebagai ikon lifestyle, FIAT 500 memang tak hanya menarik dilihat. Namun kelincahan yang dimiliki saat kami uji coba ke Bandung via Tol Cipularang patut diacungi jempol. Ya, kelebihan ini memang sudah sepatutnya mereka miliki lantaran dari segi harga pun sudah tiga kali lipat dari Kei-Car. Yup, tipe ini dibanderol nyaris 400 jutaan.

FIAT-500-Sport-8

Kenyamanan duduk di kursi berlapis kulitnya serta kualitas material kelas atas memang menunjukkan posisi FIAT di market.

FIAT-500-Sport-2

Semua peranti standar keamanan Eropa sudah disematkan. Seperti cakram berdiameter 240-mm di keempat roda yang diselubungi velg berukuran 16”.  Oh ya, untuk kenyamanan dan hiburan di dalamn kabin,  Sistem audio yang bisa diatur dari lingkar kemudi juga telah dilengkapi teknologi Blue&Me™ yang terkoneksi via Bluetooth.

FIAT-500-Sport-6

Well, untuk dilirik wanita memang perlu trik khusus. Dan semua kembali lagi ke diri Anda sendiri. Yang jelas, FIAT 500 Sport ini bagai cabai pedas yang membuat Anda ketagihan untuk memacunya sekaligus tebar pesona.