I haven’t seen Berlin yet, from the ground or from the air. And I plan on doing both before the war is over

Banyak penikmat film-film klasik yang hafal luar kepala beberapa dialog yang mereka anggap fenomenal. Apakah Anda termasuk salah satu diantaranya? Berarti mungkin Anda tahu bahwa kalimat di atas terlontar dari mulut seorang Kapten bernama Virgil Hilts alias the Cooler King sebelum aksi pelariannya dari kamp tahanan perang milik Jerman dalam film bertajuk the Great Escape.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-22

Lalu, apakah Anda ingat aksi paling keren yang ada di dalam film yang terbit di 1963 tersebut? Ya, benar. Pasti saat Hilts yang diperankan oleh Steve McQueen berusaha kabur dari kejaran Wehrmacht dengan menggunakan Triumph TR6 Trophy. Dalam adegan yang diambil di kawasan perbukitan sekitar Pfronten dengan latar belakang pegunungan Alpen ini, McQueen terlihat sangat piawai di atas motor yang didandani mirip dengan BMW R71 pacuan tentara Jerman saat itu. Harmonisasi antara aksi McQueen dengan panorama pedesaan di distrik Ostallgau tersebut merupakan sebuah kemasan yang sangat indah.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-2

Lalu, apa hubungannya film yang diadaptasi dari buku berjudul serupa karya Paul Brickhill tersebut dengan Troupe Brut Rides Industry ini? Benang merah yang pertama tentu saja ada pada brand Triumph yang sama-sama menjadi andalan keduanya. Jika dalam layar lebar McQueen percaya Triumph TR6 Trophy 1961, maka di gerai yang berada di Kemang Utara 17A, Jakarta Selatan ini menghadirkan produk anyar Triumph sebagai dagangannya. Mulai dari Triumph Bonneville, Scrambler, Truxton, Tiger, Daytona hingga Speed Triple. Lalu, yang kedua adalah pada nuansa yang dihadirkan, sama-sama cantik. Mencerminkan passion yang lekat dengan kultur yang diusung oleh brand bentukan John Bloor ini. Makin penasaran kan?

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-15

Sejatinya, Troupe berdiri sejak 2011 di Jalan Abdul Madjid no. 41, masih di kawasan Jakarta Selatan. Lantaran lokasi dan gedungnya tidak sesuai dengan konsep yang dicanangkan, maka di 2014 gerai yang beroperasi mulai pukul 9 pagi -9 malam selama Senin hingga Sabtu dan 7 pagi sampa 7 malam di hari Minggu ini pindah ke lokasi baru di Kemang.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-17

Berdiri di atas tanah seluas 995 meter persegi, bangunan bekas ruang pajang furniture dimaksud disulap dengan mengadopsi tatanan ruang industrial. Tak heran jika di beberapa bagian masih ditemukan bagian tembok yang dibiarkan telanjang tanpa finishing, batang-batang besi  dan kayu-kayu dengan tekstur yang sengaja diekspos. Sekilas, tidak ada yang menyangka bahwa bangunan dengan luas 300 meter persegi ini adalah ruang pajang sepeda motor. Lebih cocok dengan konsep yang diadaptasi oleh café, resto atau lounge.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-9

Pakem senada di eksterior juga terasa begitu masuk ke dalam. Tidak seperti layaknya dealer motor, interior gerai yang tahun lalu mengajak pelanggannya touring di Austria ini tampak sengaja menata motor-motor  yang diniagakannya secara apik. Beberapa unit Triumph Scrambler diposisikan di hadapan sofa empuk, deretan Bonneville dan Daytona dipajang di depan jendela kaca sebagai magnet  hingga Triumph Truxton yang berjajar rapih di sudut ruangan.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-5

Sementara produk apparel seperti jaket, gloves dan t-shirt digeletakkan di atas meja, tidak digantung di dalam lemari. Cool… Selain apparel, motorcycle concept store ini juga melengkapi produk jualannya dengan helm-helm impor seperti Biltwell, Damtraxx hingga Bell. Tujuannya tentu saja agar customer bisa langsung memilih riding gear yang tepat tanpa perlu pergi ke tempat lain. Lagipula, crew Troupe Brut Rides Industry yang ramah tidak segan untuk membantu memberikan saran terbaik untuk para pelanggannya.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-13

“Kami memang sengaja merancang interior sedemikian rupa. Tujuannya adalah untuk membuat customer nyaman dan betah berbelanja, menunggu motornya selesai direparasi atau hanya sekedar hang out bersama teman-teman penggemar Triumph lainnya di sini,” tutur Angga Pradana, General Manager Troupe.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-4

Mau Triumph milik Anda tampil beda? Tenang, tidak perlu keluar ruangan. Di sini pelanggan bisa langsung memilih beberapa opsi untuk exhaust system baik slip on maupun full system, seat, headlight, fender, gas cap, handlebar, wheel set hingga saddle bags dari produsen aksesoris after market papan atas.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-19

“Selain produk aksesoris after market, kami juga menyediakan fast moving parts seperti brake pad, oil filter dan yang lainnya. Tidak hanya itu, kita juga melayani pemesanan spare part baik genuine maupun after market untuk Hinckley, Meriden dan Coventry Triumph,” tambah kolektor Lambretta ini.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-6

Nah, selesai memilih komponen Anda bisa langsung memasangnya di sini. Pasalnya, selain memiliki empat bay untuk service yang dilengkapi dengan dua bike lift, Troupe juga telah menyiapkan tenaga mekanik professional dengan tools mumpuni dari Snap On. Bahkan, mereka juga berencana untuk menambah kapasitas ruang service, terutama untuk mengerjakan project bike yang memakan waktu cukup lama.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-8

Sudah punya varian Triumph di garasi rumah tapi masih bingung mau hang out di mana? Usah risau… Datang saja setiap Sabtu atau Minggu pagi ke markas Troupe di Kemang Utara. Pasalnya mereka rutin menghelat breakfast ride atau barberque bersama pelanggan setianya. Troupe Brut Rides Industry juga kerap mengajak pengguna Triumph untuk bakti sosial dan touring setiap tahun. Gelaran yang mereka sebut sebagai Journey ini telah berlangsung sebanyak dua kali. Seri pertama Journey diadakan di 2013 dengan menempuh perjalanan dari kota Malang menuju Bali. Sedangkan Journey kedua di 2014 dimulai dari Yogyakarta hingga Bali.

Troupe-Brut-Rides-Industry-Triumph-Dealer-21

“Di sini kita bisa diskusi mengenai tipe motor dan gaya yang cocok dengan karakter teman-teman yang tertarik dengan Triumph. Tidak perlu khawatir soal kelengkapan dokumen, ketersediaan spare part dan accessories. We’ll do our best to serve and provide them with good quality products. Ride with attitude and have a brut day!” tutup Angga.

Hmmm.. such a great escape right?