“History, happens twice because people don’t listen at the first time.” Quotes ini kami anggap cocok untuk menggambarkan apa yang telah dilakukan oleh maha guru ranah custom bernama Gene Winfield pada salah satu kreasinya, sebuah Ford Econoline Pickup 1962. Rasa penasaran kian membuncah saat kami mengetahui bahwa kloningan pickup legendaris tersebut turut diboyongnya ke Yokohama Hot Rod Custom Show 2014 silam. Hmmm.. Pucuk di cinta ulam pun tiba… Kebetulan TheGaspolCom bersama dengan Gearhead Monkey Garage sudah berencana untuk pelesir ke pesta para custom builder dan penggiat kustom kulture terbesar di negeri sakura tersebut. Jodoh!

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-e

Untuk mengetahui sejarah yang melatarbelakangi pembuatan mobil ini, kami sengaja mengatur waktu dari jauh hari agar bisa mewawancarai langsung legenda hidup hot rod tersebut. Gayung bersambut. Sambil memberikan gel hand warmer lantaran melihat TheGaspolCom menggigil lantaran tertusuk suhu 2 derajat, pria ramah kelahiran 88 tahun silam ini menceritakan sekilas terkait proses kelahiran mobil bernama Pacifica itu.

Gene Winfield Yokohama 5

Kisah bermula saat dirinya bersama dengan beberapa rekan builder lainnya mendapat tugas dari the Blue Ouval Boys, Ford, untuk mengcustom beberapa mobil yang akan dipakai sebagai media promosi di awal tahun 60-an. Saat itu, mobil-mobil yang kerap dimodifikasi oleh anggota Ford Custom Cars Caravan sebagian besar merupakan mobil tes tanpa nomor seri dan tidak dijual. Lepas menjajal dan mencatat beragam settingan mulai dari sistem suspensi, kelistrikan hingga sistem pengereman, biasanya pabrikan bentukan Henry Ford ini menghancurkan mobil yang mereka juluki sebagai engineering prototype tersebut. Ketimbang sia-sia, akhirnya mereka punya ide untuk mengajak para custom car builder untuk membangun mobil-mobil tadi.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-j

Kebetulan saat itu Ford sedang kehabisan mobil tes. Alhasil, lepas melihat Ford Econoline pickup 1962 di sebuah pameran, Gene memutuskan untuk membeli dan memodifikasinya. Dengan dibantu oleh Ernie “Big Ern” Graves, pria yang masuk dalam Darryl Starbird’s Custom Car and Hot Rod Hall of Fame ini menyerahkan sketsa rancangannya kepada Ford. Dan setelah disetujui, keduanya harus segera menggarap Ford Econoline pickup 1962 tersebut sebelum ditinggal Big Ern yang akan belajar di Art Center.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-c

Proses pengerjaannya termasuk super kilat, hanya memakan waktu selama 60 hari! Dalam sebuah wawancara radio dengan Jonnie King dalam program Hall of Fame Legend Series yang dilansir di laman thewwbc.net, Gene mengatakan, “ini merupakan sebuah proyek yang sangat cepat yang pernah saya kerjakan. Namun dengan dibantu oleh banyak orang yang sangat berdedikasi, maka proyek ini bisa selesai tepat waktu.”

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-g

Nyaris tidak ada yang berubah di sektor mesin dan kaki-kaki. Lumbung pacu yang tertanam di kolong jok depan masih mengandalkan Falcon Six 144 dengan sistem transmisi dan suspensi bawaan. Berbanding terbalik dengan tampilannya. Punggawa Winfield’s Custom Shop ini sengaja meracik eksterior pickup ini dengan desain yang dijuluki sebagai assymetrical design. Ya, serba tidak simetris.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-i

Simak saja penataan wajahnya. Untuk headlight. dua buah lampu ditanam di sebelah kiri, sementara yang kanan hanya menggunakan satu buah lampu. Grille depan yang awalnya kotak-kotak diganti dengan lima bilah berbalut chrome yang diposisikan sedikit lebih ke kiri, sedangkan dudukan plat nomor ditaruh di kanan. Langkah serupa juga dijumpai di bokong. Satu buah lampu dibenamkan di sebelah kiri, dan sebelah kanan dihiasi dua buah lampu yang salah satunya berfungsi sebagai lampu mundur. Berbeda dengan bagian depan, di buritan bumper terpaksa dicoak di sebelah kiri sebagai tempat menaruh plat nomor.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-d

Ada kisah unik yang tidak akan pernah Gene Winfield lupa. Saat proses pengerjaan Ford Econoline Pickup ini kelar, Ford menitahkan Gene untuk membawa mobil ini ke Portland, Oregon untuk dipamerkan. Untuk memenuhi permintaan customernya, pria yang mobil pertamanya Ford Model A Coupe 1929 ini terpaksa memacu sendiri Pacifica dari kediamannya di Modesto, California menuju Portland. Perjalanan sejauh lebih dari 650 km tersebut tidak semudah yang digambarkan. Dirinya terpaksa menembus beberapa kali badai salju di dalam mobil kustom tanpa penghangat udara. “Untungnya mobil tersebut tidak mengalami masalah berarti, kendati saya sempat beberapa kali tergelincir,” ujarnya.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-h

Sayangnya setelah masa baktinya sebagai mobil pameran berakhir, pickup yang dilaburi kelir black flat di beberapa bagian, termasuk mesin, tersebut dilego oleh Ford ke seorang pebalap INDYCAR, Troy Ruttman. Jr dan digunakan sebagai mobil pengangkut spare part balap. Lepas tewasnya pebalap ini dalam sebuah insiden balap Super Modified yang berlangsung di Pocono Raceway, Pennsylvania pada 1969, Gene Winfield praktis kehilangan jejak mobil yang namanya diambil dari Samudera Pasifik tersebut.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-a

Saking cintanya, perancang mobil terbang di film Blade Runner (1987) dimaksud menelusuri kemana perginya pickup tersebut. Mulai dari mendatangi langsung kediaman Troy Ruttman, Jr di Dearborn, Michigan, mengirimkan email ke saudara-saudara Troy, hingga memasang iklan di berbagai surat kabar. Dan hasilnya nihil! Tidak ada satu pun informasi perihal keberadaan Ford Econoline 1962 yang pernah diraciknya.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-b

Putus asa dengan usahanya, akhirnya Gene memutuskan untuk membuat kloningan mobil anggota Ford Custom Car Caravan itu. Untungnya, salah satu pelanggan setia Winfield’s Custom Shop bernama LeRoy Goulart berbaik hati. Puas dengan karya Gene pada Shoebox (Ford 1951) miliknya, LeRoy menghadiahkan satu unit Ford Econoline Pickup tanpa mesin dan transmisi pada ulang tahun Gene Winfield yang langsung dimodifikasinya hingga selesai 2012 silam.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-f

“Tidak ada yang berbeda pada eksteriornya. Semua sama dengan Pacifica yang saya bangun di 1962, sangat identik. Mulai dari depan, lekukan di bak, hingga ke belakang,” jelasnya. Termasuk mencangkok lingkar besi Radir Traditional Starburst Spindle lengkap dengan 3-bar Spinner bermerk sama. Di era 60-an, pria bernama lengkap Robert Eugene Winfield ini juga mencangkok velg yang saat itu masih bernama Rader di Ford Econoline Pickup 1962 miliknya.

1962-Ford-Econoline-Pickup-Pacifica-k

Yang menjadi penciri adalah komponen mobil modern yang diadopsi pada versi kloningannya. “Untuk mesin, sistem transmisi dan rear-end, saya menggunakan bawaan Ford Thunderbird 1992 yang dikombinasikan dengan beberapa komponen milik Ford Mustang,” tambah kolektor kamera Hasselblad ini.

Hingga sekarang, Pacifica telah berkelana ke banyak perhelatan custom akbar di AS, Kanada dan Asia. Mulai dari SEMA Show di Las Vegas, Atlantic Grand Nationals di New Burnswick, Kanada hingga yang terakhir di 23rd Annual Yokohama Hot Rod Custom Show tahun lalu.