Bigger is better. Teori itu yang mendasari niat Honda saat hendak membangun Gold Wing. Sepeda motor bergaya cruiser yang pada 2015 ini memasuki umurnya yang ke 40 tahun. Bukan waktu yang singkat bagi suatu produk untuk dapat bertahan dan mendapat penghargaan tinggi di benak insan roda dua.

Pertama lahir pada tahun 1975, Gold Wing dianugerahi dengan mesin revolusioner empat silinder yang membentang horizontal dengan kapasitas 999cc. Soichiro Honda menyadari bahwa buah hatinya akan bersaing dengan Harley. Maka ia mencurahkan segenap pengetahuannya untuk menciptakan mesin yang begitu halus dengan harapan dapat bersaing dengan pabrikan Amerika tersebut.

Memang tak salah hasil penelitian yang dilakukannya. Gold Wing terbukti menjadi salah satu predikisi Honda paling tepat tentang rupa sepeda motor yang diidamkan oleh konsumen Amerika. Sebanyak 13.000 unit Gold Wing terjual pada tahun pertama diluncurkannya.

Honda menyadari kepopuleran Gold Wing sebagai sepeda motor touring. Riset lebih jauh pun dilakukan demi penyempurnaan. Di versi selanjutnya Honda melakukan perubahan agar mesin Gold Wing lebih cocok untuk bermain di kelas touring. Pada tahun 1978 Honda membuat mesin Gold Wing lebih bertenaga pada fase mid-range ketimbang top-end mengingat kebiasaan berkendara para pengembara.

Kalibrasi ulang dilakukan pada camshaft dan penurunan ukuran karburator menjadi 31mm untuk mendapat power low-end lebih baik. Sistem suspensi juga mendapat angin segar dengan fork lebih panjang untuk mendapat ruang main lebih lebar dan kemampuan peredaman lebih sempurna.

Walau begitu kesuksesan Gold Wing bukan tanpa halangan. Temuan Departmen Trasnportasi AS terhadap lemahnya sistem pengereman saat kondisi basah sempat menurunkan animo konsumen Amerika. Recall pun dilakukan dengan pembubuhan cakram, kaliper, dan kampas anyar untuk mempertahankan citranya sebagai flagship cruiser Honda.

Bagaimana pun juga kelahiran Gold Wing adalah sukses besar. Honda mengklaim 97.000 Gold Wing terjual selama periode 1975 sampai 1979. Pada 1980 Honda semakin total dengan memindahkan pusat perakitan Gold Wing di Negeri Sakura ke Marysville, Ohio. Yang membuatnya benar-benar beraroma Amerika.