Hampir tiap tahun produk otomotif baru lahir. Berbagai desain muncul mewakili setiap kelas tempat ia bermain. Tak banyak dari kita yang peduli pada sosok di balik eloknya Ferrari 250 GT Cabriolet atau betapa masukulinnya kesan yang melekat pada Range Rover.

Sebagian dari mereka merupakan artis individu sementara lainnya memang bernaung di bawah bendera pabrikan. Mereka adalah para jenius yang mampu menghadirkan nuansa istimewa pada karya-karyanya. Berikut sederatan nama disainer otomobil ternama pada tiap dekadenya.

Bermula dari Perancis – Dekade 1910-an

Pada masa dekade ini belum banyak orang yang dapat membayangkan bagaimana bentuk mobil yang ideal. Sebagian orang membayangkan mobil nantinya akan menyerupai, perahu, lokomotif, atau bahkan rumah. Desain mobil pada masa-masa ini mendapat banyak pengaruh dari budaya Perancis. Yang lantas melambungkan karya-karya desainer Perancis seperti Jean – Henri Lambourdette yang populer dengan disainnya mobil terbuat dari kayu menyerupai perahu pada tahun 1912. Serta pria Perancis lainnya, Georges Paulin yang terkenal sebagai pioner penerapan ilmu aerodinamis pada disain-disan rangka Delage Aero Coupe, Peugeot Eclipese, dan Bentley “Embiricos.”

Munculnya Divisi Disain pada Perusahaan Otomotif – Dekade 1940-an

General Motor adalah produsen mobil pertama yang memiliki divisi khusus yang bertugas membuat disain dan warna produk yang akan diproduksi. Pada 23 Juni 1927 Chairman GM Alfred P. Sloan Jr. mengangkat modifikator Hollywood Harley J. Earl. Earl diberi tugas untuk mengurus General Motors and Colour Department. Langkah GM ini menjadi tonggak perubahan disain mobil yang tadinya dibuat oleh-oleh artis individu menjadi divisi khusus dalam perusahaan otomotif. Earl dikenal dengan karyanya yang berupa sebuah mobil konsep, General Motors Le Sabre. Nama lain yang mendapat perhatian pada masa-masa ini adalah William L. Mitchell yang banyak mendesain produk Cadillac serta Richard Teague dengan disain-disannya untuk Jeep.

Eloknya Disain Italia – Dekade 1960-an

Amerika memang banyak melahirkan produk-produk otomotif berkarakter. Tapi Eropa jelas menawarkan keanggunan pada karya-karya otomotif yang berasal dari Negeri Pizza. Pada masa ini ada nama Battista Pininfarina yang kondang melalui desainnya untuk model-model awal Ferarri seperti Ferarri 250 GT Cabriolet. Atau Giuseppe “Nuccio” Bertone lewat mobil-mobil Alfa Romeo, Lancia, dan masterpiece-nya Lamborghini Miura.

Inggris Mulai Menunjukkan Taringnya – Dekade 1970-an

Inggris juga merupakan rumah bagi mobil-mobil dengan desain menawan. Sebut saja Jaguar, Auston Martin, atau Range Rover. Pada masa ini ada Sir William Lyons. Seorang disainer dengan cita rasa estetika yang tinggi. Tak aneh jika ia mendapat kehormatan untuk mendisain produk-produk lansiran Jaguar sejak tahun 1930an. Beberapa karyanya antara lain SS Jaguar Ailine Saloon, Jaguan XK, dan Jaguar XJ. Pria Inggris lain yang namanya melambung lewat disain-disain mobilnya adalah David Bache. Range Rover 1970, Rover P6, dan Rover SD1 adalah kristalisasi ide-idenya.

The Modern Master – Dekade 1990-an

Bruno Sacco dan Patrick Le Quement adalah dua nama pensiunan desainer yang bersinar pada masa-masa ini. Disain keduanya banyak memberikan pengaruh pada disain-disain mobil saat ini. Sacco adalah seorang pria Jerman yang memulai karirnya pada bidang penelian sebelum akhirnya dipercaya memimpin divisi disain Mercedes-Benz. Sentuhan Sacco dapat dinkmati pada disain-disain modern pada Mercedes-Benz SL. Sementara Le Quement banyak mendesain produk-produk Renault.

Sang Masa Depan – Dekade 2000-an

Harus diakui bahwa desainer modern memiliki ruang kreatifitas lebih sempit. Karena semakin ketat pula berbagai peraturan yang diterapkan pada industri otomotif. Dari Amerika ada nama Freeman Thomas yang bertanggung jawab untuk disain-disain Audi TT dan Chrysler. Walau ia sempat membelot untuk ikut merancang VW Concept One pada pertengahan 90an. Dari daratan Benua Biru ada Raul Pires Jr. yang mendisain Betley Continental GT, serta Michael Mauer yang bekerja untuk Mercedes-Benz A-Class, SLK, dan Porsche Spyder.