Kalau tidak berbincang langsung dengan seniman kulit bernama Duane Ballard, saat berjumpa di Yokohama Hot Rod Custom Show tahun lalu, mungkin saya tidak akan sadar kalau motor bergaya digger ini sejatinya merupakan pacuan Ponch dan Jon di film CHiPs. Ya, bintang tamu perhelatan kustom culture terbesar di Asia ini adalah Kawasaki Kz1000 yang dimodif sendiri oleh pria yang mulai berkreasi di atas kulit lepas belajar dari sang ibu saat dirinya masih kecil.

Kosmosaki-Duane-Ballard JPG

Kendati gaya modifikasi ini sudah mulai muncur sejak akhir 70-an, namun hingga sekarang masih banyak builder yang tetap setia mengusungnya. Salah satunya adalah punggawa Duane Ballard Custom Leather ini. Mulai dari Honda CB750 berjuluk Pink Taco, Honda CB750 yang disematkan nama Funkenstein hingga si Kosmosaki KZ1000 mengadopsi gaya yang sama.

074

Walau Honda kreasi keduanya punya tampilan menawan, namun Duane merasa bahwa tidak ada satupun yang mumpuni untuk dipacu jarak jauh, membuatnya mudah lelah. Solusinya, struktur uni-body milik Pink Taco terpaksa dipensiunkan dan diganti dengan frame anyar plus satu set velg bawaan Harley-Davidson 85th anniversary.

Kosmosaki-Duane-Ballard-2 JPG

Langkah berikutnya adalah merancang tangki dan fender belakang. Agar proses penentuan desain berlangsung mudah, maka Duane memutuskan untuk menggunakan kardus terlebih dahulu. Kurang puas dengan gaya Denver yang diterapkannya pada tangki, pemilik gerai yang bermarkas di Lake Elsinore, California ini iseng membalik bagian tangkinya. Tak dinyana, dia merasa puas dengan style anyarnya ini. Hingga proses finishing berupa laburan kelir dari House of Kolor kreasi Pete “Hotdog” Finlan diterapkan.

011

Tidak hanya tampilan yang diperhatikan, Duane juga menginginkan pacuannya punya performa maksimal. Maka untuk urusan yang satu ini dipercayakan pada Jay Eshbach yang langsung mengganti head, cam, serta mencangkokkan big bore kit dari Wiseco. Kombinasinya dengan karburator Keihin CR serta sistem pengapian Dynatek membuat lari Kosmosaki kian menggila.

Kosmosaki-Duane-Ballard-JPG 4

Sama seperti beberapa kreasinya terdahulu yang menjadi penampil Yokohama Hot Rod Custom Show, Kosmosaki juga diundang untuk datang langsung ke Pacifico Exhibition Hall tahun lalu. Hasilnya, decak kagum pengunjung mendarat tiada henti saat lewat di depannya.