Saya mengaku bahwa perjumpaan saya dengan Plymouth Road Runner 1970 memang sebuah kebetulan. Jadi ceritanya begini… Lepas menghadiri Yokohama Hot Rod Custom Show tahun lalu, saya mengajak rekan-rekan builder dan pinstriping artist dari Gearhead Monkey Garage untuk berkunjung ke markasnya Mooneyes, si penggagas HRCS 2014. Lantaran bosan hanya bisa menyimak orang belanja, saya memutuskan untuk menggeratak bagian lain dari Mooneyes Area-1.

1970-Plymouth-Road-Runner-GOD-RUNNER-1

Walau diserang suhu 2 derajat, kami tetap merasa beruntung. Pasalnya di bagian belakang bangunan dua lantai ini TheGaspolCom sempat bertegur sapa dengan Hiro “Wildman” Ishii yang baru saja selesai melakukan pekerjaan di workshopnya yang berada di dalam garasi. Di sini TheGaspolCom juga berbincang sejenak dengan Shige Suganuma, Bos Mooneyes yang sedang menyiapkan acara barberque bersama builder, komunitas dan peserta pameran.

1970-Plymouth-Road-Runner-GOD-RUNNER-2

Namun tiba-tiba kami tertegun pada sosok legendaris di ujung sana. Teronggok kaku di sebuah lahan parkir yang cukup luas. Kendati terhalang beberapa mobil custom kreasi Mooneyes, namun karakternya yang berwibawa mencuatkan aura tersendiri. Ah… Pucuk di cinta ulam pun tiba… Ini yang kami cari… Muscle car yang namanya dicomot dari tokoh kartun Warner Bros setelah membayar US$50 ribu, Plymouth Road Runner. Yang unik, nama dari mobil berkelir Vitamin C Orange tersebut selain dibubuhi torehan maut Wildman, namanya juga dipelesetkan menjadi God Runner.

1970-Plymouth-Road-Runner-GOD-RUNNER-3

Tampilan drag looknya seolah menegaskan performanya yang beringas. Tentunya selain sematan 510 HEMI di kap mesin. Bukan hanya sekedar hiasan, dibalik bonnetnya memang tertanam lumbung pacu 510 ci karya HEMI dengan beragam komponen kompetisi. Sebut saja Comp Cams camshaft, karburator King Demon 1095, Indy alumunium heads, tti exhaust system dengan pipa 3 inci, Indy 426-3 intake hingga sistem pengapian dari Msd. Sadis? Pastinya. Apalagi setelah dipadankan dengan heavy duty drivetrain Dana 60.

1970-Plymouth-Road-Runner-GOD-RUNNER-8

Urusan stabilitas dipercayakan pada sistem suspensi Hemi Torsion Bar di depan dan Super Stock Leaf Spring Mopar Performance di belakang. Agar ban BF Goodrich 215/65/15 di depan serta Mickey Thompson 29.0 x 15.5-15LT di buritan bisa berhenti dengan sempurna saat dibesut Yutaro Fukushima a.k.a Fukuyuu di balap 402 m, God Runner dicangkokkan system pengereman Willwood Pro Series Disc.

1970-Plymouth-Road-Runner-GOD-RUNNER-7

Kendati kerap dipakai di jalan raya, namun layaknya pacuan sirkuit, interior Plymouth Road Runner 1970 ini tetap dibekali dengan beberapa peranti kompetisi. Mulai dari panel instrumen AutoMeter (tachometer, temperatur air dan tekanan oli), sabuk pengaman 5 titik dari Simpson, bucket seat dan yang terpenting adalah rollcage 6 titik.

1970-Plymouth-Road-Runner-GOD-RUNNER

Sayangnya, hingga kami berpisah, TheGaspolCom tidak sempat menyimak aksi si God Runner. Hanya raungan parau mesin HEMI 510 yang terdengar membelah kesunyian malam saat mobil ini kembali ke peraduan sambil digendong truk. Ah, tak mengapa… Toh performanya dapat disimak lewat YouTube. Penasaran?