Sebagai perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produknya di Indonesia, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) merasa bila sudah menjadi tanggung jawab sosial Nissan untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat. Maka dari itu melalui program CSR (Corporat Social Responsibility (CSR), Nissan menggandeng Habitat for Humanity Indonesia dengan membagun pemukiman penduduk.

“Rumah serta lingkungan tempat tinggal yang bersih merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Meski begitu hingga saat ini masih banyak penduduk Indonesia yang hidup di rumah yang tidak layak huni serta lingkungan yang kotor,” jelas Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, James Tumbuan di Mauk, Banten (14-04).

Berlandaskan alasan tersebutlah Nissan sudah memulai program pembangunan pemukiman ini sejak 2011 dimana mereka tidak hanya merenovasi rumah namun juga membangun sarana pendidikan dan juga memperbaiki fasilitas umum.

“Kegiatan CSR untuk membangun pemukiman penduduk yang lebih baik ini telah berjalan lebih dari 4 tahun dan manfaatnya telah dinikmati oleh lebih dari 1.000 keluarga,” papar Teddy Irawan, Vice President NMI. Kini di tahun 2015 Nissan menggarap pemukiman yang berlokasi di seputar Desa Gunung Sari, Mauk, Tangerang, Banten.

Ke depannya Nissan berencana untuk menyelesaikan pembangunan lebih dari 50 rumah layak huni lengkap dengan toilet, 3 sarana pendidikan PAUD serta peningkatan kapasitas pengajar dan 300 meter lebih sistem drainase. Tidak lupa pula Nissan membangun 2 taman bermain dengan 3 toilet umum dan fasilitas air bersih untuk lebih dari 100 keluarga.