Salah satu skuter lawas yang belakangan menjadi primadona adalah Lambretta. Tampilannya yang unik, unitnya yang tidak terlalu banyak dan harganya yang beberapa tahun belakangan kian melambung menjadikan Lambretta sangat layak dikoleksi. Berikut ini adalah 5 fakta unik tentang Lambretta di Indonesia yang diolah dari berbagai sumber.

helicak

Lambretta pernah digunakan sebagai basis salah satu angkutan umum di Jakarta

Di 1971, DKI Jakarta pernah memiliki angkutan umum beroda tiga yang bernama Helicak. Nama ini diambil dari penggabungan kata Helikopter dan Becak karena bentuk kabin untuk penumpang menyerupai helikopter sementara fungsinya mirip becak (pengemudi di bagian belakang). Basis mesin dan rangka Helicak adalah Tri Lambretta yang diimpor langsung dari Italia.

Lambretta 150 LD

Lambretta sempat identik sebagai kendaraan pastor

Sekitar tahun 1960an, Lambretta sempat menjalin kerjasama perniagaan dengan dewan gereja. Beberapa tipe Lambretta sempat digunakan sebagai operasional para pastor di Indonesia.

lambrettino

Selain skuter, Lambretta juga sempat memasarkan tipe moped-nya yaitu Lambrettino

Sekitar awal 1970-an, Lambretta sempat memasarkan tipe moped-nya di Indonesia yaitu Lambrettino Debramatic, moped matic 2 percepatan dengan kapasitas mesin 48cc yang jika kehabisan bahan bakar dapat dikayuh layaknya sepeda.

5FaktaLambretta

Masih banyak orang Indonesia yang salah dalam penyebutan Lambretta

Masih banyak orang yang menyebut Lambretta dengan sebutan Vespa Lambretta. Padahal keduanya merupakan produk yang sangat berbeda. Lambretta adalah skuter kreasi Ferdinando Innocenti, sementara Vespa merupakan karya Enrico Piaggio. Mesin Lambretta berada di tengah, sementara mesin Vespa berada di sisi kanan. Dan masih banyak lagi perbedaan signifikan lainnya.

Lambretta-SX150

Harga Lambretta lawas di Indonesia naik 1.000% dalam 20 tahun terakhir

Di medio 90-an harga Lambretta lawas dalam kondisi bahan dapat ditebus di angka Rp 2 jutaan dan jika dalam kondisi full restorasi harganya ada di kisaran belasan juta rupiah. Kini, di 2015 harga Lambretta lawas dalam kondisi bahan harus di tebus dengan harga minimal sekitar Rp 10 juta dan yang fully restored dapat tembus di angka ratusan juta rupiah, tergantung tipe dan kondisi.