From Gamer to Pro Racers. Itulah gambaran utama Nissan GT Academy 2015 yang secara resmi dibuka untuk publik di Mall Taman Anggrek, Selasa (29/4). Event ini mengajak para gamers maupun non-gamers untuk selangkah lebih maju mendekati impian mereka untuk menjadi pebalap professional. Seperti apakah mekanismenya?

Seperti diceritakan di atas, Nissan GT Academy mengajak para pebalap di dunia virtual untuk menjadi pebalap serius di dunia nyata. Seleksinya tetap melalui dunia virtual dengan  seleksi online di game Gran Turismo 6 pada konsol Playstation 3 yang dilakukan sejak tanggal 21 April hingga 16 Juni 2015. Para peminat yang tidak memiliki konsol diberi kesempatan untuk mendatangi roadshow yang digelar di tiga tempat di dua kota, Jakarta dan Surabaya.

Pada tahap ini akan dipilih 10 orang dari online game dan 10 orang dari live events dimana akan dilakukan seleksi lagi di Indonesia GT-Academy National Final selama dua hari pada tanggal 30 Juni sampai 1 Juli 2015 di sirkuit Sentul, Bogor. Kualifikasi akan menyingkirkan enam orang yang akan maju sebagai perwakilan dari Nissan GT Academy Indonesia ke GT-Academy Asia untuk mengikuti Race Camp.

Di sinilah peralihan dari virtual ke realita dimulai. Perlu dicatat bila Race Camp adalah sebuah arena dimana para gamers ditantang untuk mengendarai mobil sport Nissan dengan pengawasan dari para juri dan mentor. Maka dari itu perlu diperhatikan sejak awal bagi para peminat untuk benar-benar bisa mengendarai mobil sendiri dan memiliki SIM. Fisik yang baik juga diperlukan karena pemenang dari Race Camp akan mengambil bagian dalam Driver Development Programme yang akan memberikan mereka akses untuk mendapatkan lisensi sebagai pembalap Internasional dan memungkinkan berkompetisi bersama Nissan sebagai atlit Nissan NISMO.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa karena kami yakin keikutsertaan Indonesia di ajang Nissan GT Academy akan semakin memanaskan persaingan dalam perebutan gelar Juara GT Academy International Racer. Kami berharap melalui ajang ini akan lahir pebalap dunia dari Indonesia,” jelas Budi Nur Mukmin, General Manager of Marketing Strategy and Product Planning NMI.