Gelaran Indonesia Mods May Day 2015 (IMMD 2015) yang berlangsung di Pine Forest Camp, Lembang, Bandung pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 lalu menyisakan cerita unik. Selain pemilihan lokasi acara yang bisa dibilang out of the box, gaya berpakaian pengunjungnya pun mayoritas sesuai dengan judul acara tersebut: berdandan ala Mods. Mods (diambil dari kata Modernist) sendiri adalah gaya hidup yang lahir dan besar di Ingris pada tahun 1960-an, lalu menyebar ke seluruh dunia. Digagas oleh kaum pekerja yang ingin tampil modern dengan elemen signifikan berupa fashion yang catchy, musik Amerika (Soul, RnB dan Ska) serta skuter asal Italia, Vespa dan Lambretta yang didandani dengan maksimal.

Indonesia-Mods-May-Day-2015-b

“Karena acara IMMD ini sudah yang ke-4 kali kami adakan, sepertinya pengunjung sudah teredukasi bahwa acara ini merupakan perpaduan antara skuter, fashion dan musik,” ujar Jaka Gunawan, ketua Beatboys, komunitas Mods asal Bandung yang menyelenggarakan acara IMMD 2015 ini. “Kalau beberapa tahun lalu pertanyaannya masih seputar mau bawa skuter apa, beberapa hari sebelum acara IMMD 2015 pertanyaan sudah mulai menjadi gue pakai setelan (pakaian) apa. Ini kami anggap sebagai apresiasi peserta dan pengunjung acara IMMD 2015,” tambah pria yang menggunakan suit lengkap dipadu parka ini.

Indonesia-Mods-May-Day-2015-g

Lalu idealnya seperti apa dandanan ala Mods tersebut? “Yang pasti harus rapih,” sebut Jaka. Untuk pria bisa menggunakan setelan suit lengkap (jas, vest, dasi), ditambah dengan topi fedora, loafer shoes, dapper shoes atau chelsea boots, serta dipadu dengan parka M65 fish tail. “Sebenarnya tujuan menggunakan parka ini adalah untuk menjaga agar suit yang dikenakan tetap bersih,” terang Jaka. Selain suit lengkap, dandanan menggunakan polo shirt atau kemeja lengan pendek yang dipadu dengan braces/ suspenders, jeans yang digulung melewati mata kaki, serta memakai working boots juga sah – sah saja. “Karena sebenarnya Mods itu memiliki banyak subkultur yang memiliki gaya berpakaian masing-masing, maka dandanan ideal ala Mods pun bisa dibilang cukup beragam,” ujar Jaka lagi.

Indonesia-Mods-May-Day-2015-a

Untuk dandanan wanita biasanya menggunakan mini dress yang dipadu dengan stocking, atau memakai celana pria yang dipadankan dengan polo shirt atau kemeja, dilengkapi dengan flat shoes atau buckle shoes. Parka juga sah dipakai oleh para wanita. Tujuannya sama, yaitu untuk menjaga dress yang digunakan tetap bersih dan rapih. Dandanan mini dress ala Mods ini juga dipopulerkan oleh Twiggy, supermodel kondang tahun 60-an asal Inggris.

Indonesia-Mods-May-Day-2015-c

Dandanan pria dan wanita seperti disebut diatas terlihat mendominasi pengunjung Pine Forest Camp pada saat acara IMMD 2015 berlangsung. Hal ini menjadi bukti bahwa fashion sudah menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan saat menghadiri suatu acara. Dan terbukti, dengan pengunjung yang berdandan sesuai tema, acara pun terasa lebih seru dan berwarna.