Berangkat dari rasa penasaran akan salah satu lagu nasional berjudul Dari Sabang Sampai Merauke, Campursari Vespa Jakarta (CSVJ) menggelar acara bertajuk CSVJ Goes Kilometer-0 Powered by Pertamax yang mengajak para anggotanya mengunjungi Sabang, ujung barat Nusantara ini (13 – 18/5).

DCIM145GOPRO

DCIM145GOPRO

Seperti telah diketahui tugu Kilometer 0 sudah menjadi destinasi penggemar traveling. Mengulik seluruh keindahan alam serta sejarah yang terdapat di pulau pulau atol (pulau karang) seluas 156,3 km² ini adalah sebuah kegiatan yang menarik. Terlebih lagi sudah banyak komunitas otomotif khususnya roda dua yang mencapai titik awal penghitungan jarak bentangan nusantara ini.

CSVJ 2

Banda Aceh adalah titik awal perjalanan ke 21 unit Vespa dan Piaggio. Usai para anggota CSVJ melakukan pertemuan dengan bapak Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, serta beberapa komunitas Vespa lokal seperti Scooter Kutaraja Club dan Bireun Scooter Club, rombongan mulai meluncur ke arah pelabuhan Ulee Lheue pada keesokan harinya untuk melakukan penyeberangan ke Pulau Weh. Jadwal pertama setelah menginjak kaki di Pulau Weh adalah bercengkrama dengan Kadis Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purnawati di sebuah Café tongkrongan komunitas Vespa setempat. Setelah itu rombongan bertolak ke Kilometer 0 yang berjarak sekitar 33 km dari kota Sabang.

IMG_5546

Menurut Anton Brahmana, salah seorang punggawa CSJV, Rute Sabang – Kilometer 0 ini adalah pengalaman baru. Kontur jalan yang berkelok-kelok serta lapisan aspal mulus yang tak banyak dilalui kendaraan membuat para anggota bagai anak kecil yang baru mendapat hadiah. Semua kegirangan menghadapi jalan menanjak yang mengarah ke titik paling barat di Indonesia.
IMG_5551

“Perjalanan ini memang benar-benar memuaskan hasrat touring kami. Kilometer-0 juga menjadi monumen yang cukup memiliki nilai simbolis bagi bangsa ini. Dimana ini adalah titik awal pengukuran bentangan nusantara dari titik paling Barat,” tutup Anton yang kemudian bersama para anggota CSVJ menutup perjalanan dengan melakukan touring pulang ke kota Medan.