Merayakan prestasi gemilang Ford Motor Company di ajang 24 Hours of Le Mans, video game balap Forza Motorsport merilis Xbox controller dengan balutan kelir khas sportscar klasik dari pabrikan Amerika tersebut. Penampakkan ketiga controller itu tersibak di pameran E3 Electronic Entertainment Expo di Los Angeles yang berlangsung selama 16 – 18 Juni 2015, kemarin.

Masing-masing desain controller yang dihadirkan mewakili tiga model sportscar Ford yang bersaing ketat dengan Ferrari di ajang balap ketahanan tersebut pada era ‘60an. Controller dengan balutan warna hitam dan emas diambil dari livery GT 40 Mark II. Model yang digadang sebagai pembuka jalan kesuksesan Ford di 24 Hours of Le Mans karena berhasil menguasai podium pada musim 1966.

Kesuksesan tersebut terus berlanjut di tahun berikutnya lewat model yang sama. Diwakili oleh desaincontroller berwarna merah dengan aksen putih di bagian tengahnya. Sementara itu, controllerberwarna biru dan putih terlihat identik dengan tampilan Shelby Daytona Coupe ’66. Model yang jadi penanda dimulainya program pengembangan endurance car lainnya Ford GT40.

Kedekatan Ford Motor Company dengan video game balap garapan Turn 10 Studios tersebut memang telah terjalin sejak lama. Awal tahun lalu, model teranyar Ford GT dipilih untuk menghiasicover video game Forza Motorsport 6. Dan pada minggu ini Ford telah mengonfirmasi mobil tersebut akan turun di 24 Hours of Le Mans tahun depan.