It’s such a good vibration
It’s such a sweet sensation
It’s such a good vibration
It’s such a sweet sensation

Apa yang ada di benak Anda jika radio kesayangan memutar tembang berjudul Good Vibration karya the Beach Boys ini? Menikmati paparan mentari yang tersenyum di langit biru? Menari lincah di antara buih ombak di laut lepas di atas papan surf?

bmw-path22-3

Para penggemar surfing di seluruh dunia mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Path 22, sama seperti menyebutkan Uluwatu yang ada di pulau Bali tercinta. Sebuah titik rahasia yang tersembunyi dari mata orang awam di Perancis Selatan. Pantai pasir perawan tertentang sepanjang pesisir Atlantik, sebuah spot yang akan memberikan sensasi terindah untuk setiap surfer waktu mendengar riak ombak dan menyaksikannya jatuh secara langsung. Sebuah sensasi yang paling manis kala berbasah-basahan dengan gunungan ombak yang menjulang tinggi, getaran saat menaklukan ombak yang tidak akan pernah dapat terlupa seumur hidup.

bmw-path22 lamp

Namun untuk mendapatkan pengalaman seperti itu pasti ada harga yang harus dibayar. Tersembunyi dari dunia luar berarti minimnya akses untuk menuju ke sana. Deretan panjang hutan pinus mengharuskan para surfer untuk menhentikan VW kodok langganan mereka dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Beda lagi halnya jika ada yang memiliki sebuah sepeda motor, ya pastinya juga memerlukan kekuatan off-road yang tidak sembarangan untuk melewati medan seperti itu.

bmw-path22 seat

Kabar gembira untuk kalian, pasalnya sebuah konsep terbaru dikeluarkan oleh BMW Motorrad berupa scrambler yang sangat mendukung hal tersebut. Bahkan namanya pun diambil dari spot surfer fenomenal tersebut yaitu Concept Path22.

bmw-path22 surf holder

Concept Path22 adalah scrambler pertama BMW Motorrad berbasis R nineT yang fenomenal. Maka jangan heran bila penggarapannya tidak sembarangan. Mulai dari material hingga sentuhan akhir semuanya digarap dengan penuh kualitas.

bmw-path22 body

Sejatinya membuat sebuah scrambler tidaklah memerlukan patokan yang jelas, semua sesuai dengan karkateristik sang empunya. Maka kali ini BMW mencoba mengambil inspirasi dari Scrambler era 50’an yang dilengkapi dengan kemampuan menjelajah hingga sampai ke Path22 dengan aman sentosa.

Demi menapaki jalanan hutan yang tidak rata, sebuah suspensi panjang diusung menjaga pelek lima jari alumunium berbalut ban off-road. Sementara sebuah grid protektif menjaga lampu depan agar tidak pecah terpukul batu liar, pipa pembuangan yang menjuntai panjang dibuat demi memaksimalkan akselerasi dan tenaga. Jok kulit bergaya retro dengan sapuan warna beige, kesan pantai pun sangat kental terasa.

bmw-path22 DC

Belum lagi bila melihat cat kustom berpola ombak pantai bergaya grafis yang menyenangkan terpatri di tanki bensin. Karya seniman bernama Ornamental Conifer ini sangat pas menemani laju pengendara kala membesut motornya dengan papan surfing di sebelah kanannya. Usah kuatir sebab ada dudukan dari alumunium dan kulit yang disediakan guna mengusung papan kesayanganmu. Bahkan demi konsep ini, BMW mengajak manufaktur berbasis San Diego, Dyer Brand untuk membangun sebuah papan panjang dan pendek yang didesain khusus agar senada dengan Concept Path22.

bmw-path22 tank

Meski sebuah konsep jarang menyertakan detil teknis, namun R nineT sudah memberikan kita gambaran seberapa kuat performa Concept Path22. Berbekal mesin boxer berpendingin udara dengan tenaga puncak 110 hp pada 7,550 rpm, ini adalah sebuah modal yang lebih dari cukup untuk melahap beragam kondisi jalan saat mencari spot surfing terbaik.

bmw-path22 up

Sementara kepastian produksi dari konsep ini masih di atas angin, tampak jelas ini adalah salah satu pembuktian seberapa jauh departemen desain BMW Motorrad dapat melangkah. Memberikan kepastian bila pabrikan dua roda ini tidak main-main dalam menggarap semua variannya.