Musim liburan adalah saat yang tepat untuk melakukan perpisahan. Salah satu anggota keluarga kita mulai berkarat, usang dan lemah. Sudah saatnya dia pensiun dari tugasnya dan menunjuk anggota keluarga yang baru. Dealerlah yang jadi tempat tujuan berikutnya.

Memilih mobil baru tidaklah sulit bila mengandalkan brosur yang tertera. Namun spesifikasi yang ada di atas kertas bisa jauh berbeda ketika kita berada di dalam mobil. Apalagi bila kebutuhan yang kita perlukan cukup menuntut. Tidak pelak keberlangsungan dari kenyamanan kita kedepan akan ditentukan oleh momen-momen krusial dalam sesi test-drive.

Untuk menghilangkan kegeliasahan, team TheGaspol.com yang kerap menguji bergaam jenis mobil dari beragai pabrikan ingin berbagi tips. Poin-poin yang kami berkian di sini bisa jadi pertimbangan yang baik untuk kenyamanan anda berkendara dengan anggota keluarga baru anda:

Buat Daftar Keluhan
Adalah penting mengingat-ingat apa yang kerap menggangumu di mobil terdahulu. Buatlah sebuah daftar yang cukup detil mengenai hal-hal tersebut. Entah itu power window yang bermasalah ataupun AC kabin yang kurang dingin.

Bermainlah dengan Instrumen
Selalu perhatikan beragam interface, baik musik, navigasi ataupun pengatur suhu. Layar sentuh yang lemot dan membingungkan bisa dengan cepat mengubah pilihanmu untuk membeli mobil tersebut atau tidak.

Eksplorasi Mesin
Jikalau memungkinkan untuk menbgujinya di lintasan lurus, cobalah peras habis performa mobil tersebut dalam hitungan perseneling awal. Bila memakai turbocharger, seberapa lamakah waktu yang diperlukan kala kamu menginjak akselerator dan saat turbo beraksi. Apakah mesin tersebut berbunyi kasar atau halus? Apakah akselerasi dan performanya maksimal? Semua harus dicoba untuk memastikan segalanya tetap aman.

Perhatikan Kenyamanan
Struktur memegang kenyamanan penting dalam mengendarai mobil. Semakin baik sistem suspensinya, semakin nyaman mobil tersebut dibawa. Jika mobil baru terasa payah dalam beberapa ganjalan pertama, kami yakin pasti akan menjadi berkali-kali lebih buruk bila mobil tersebut sudah melaju sejauh ribuan kilometer di indikatornya.

Tunggu Cuaca Buruk
Memang cuaca buruk bukanlah waktu yang baik untuk berkendara namun terkadang kita tidak dapat melewatkan momen tersebut. Bila memungkinkan cobalah mobil tersebut saat hujan deras akan turun. Periksa saja apakah wiper bekerja secara maksimal, mobil dapat berhenti dengan traksi yang baik dan sasis bisa menyamankanmu apabila menghadapi gonjalan dan goyangan dalam beberapa kejutan di jalanan yang berlubang.

Abaikan Tenaga Penjual
Memang saat menguji mobil kita pasti akan ditemani oleh sang penjual. Perkataan mereka bisa menjadi mantera yang ampuh untuk memaksamu membeli mobilnya. Jika tidak memungkinkan untuk menguji sendiri, abaikan semua perkataannya. Dalam lima menit pertama dia pasti akan mengarahkanmu untuk menikmati keunggulan mobil, bukan kelemahannya.