Usai selebrasi yang dilakukan Honda untuk produksi pertama Civic Type R beberapa hari yang lalu di Swindon, Inggris, kini dikabarkan bila Jepang akan menjadi negara pertama yang kebagian hatchback berperforma tinggi ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Takahiro Hachigo, CEO Honda Motor Company dalam pidatonya pada Senin (06-07).  Hachigo mengumumkan bila hatchback-hatchback lincah itu diperuntukan bagi para konsumen Negeri Matahari Terbit. Klarifikasi ini menutup rumor yang beredar sebelumnya bila Civic Type R akan diperuntukan secara eksklusif bagi pasar Amerika. Pasalnya di Negeri Paman Sam itu Civic Si sudah ditawarkan namun belum ada yang setara untuk menandingi pesona Ford Focus RS.

“Kami sangat berbahagia bila Civic Type R produksi Eropa akan dijual di kampung halaman Jepang. Pra konsumen sangat bersemangat terhadap mobl ini dan kami akan mengembangkan produksi di sini di Eropa. Mengekspor mobil ini ke Jepang hanya akan menambah permintaan yang akan datang terus menerus, sebuah kabar baik!” jelas Philip Ross, Senior Vice President Honda Motor Europe.

Disebut-sebut sebagai mobil balap di jalanan, Civic Type R adalah model Honda paling ekstrim dan berperforma tinggi yang menyandang emblem “H merah”. Dengan mesin VTEC TURBO 2.0 – liter terbaru, sistem suspensi mutakhir dan gaya LED nan luar biasa, diharapkan produk ini sanggup menjadi standar segmen hatchback berpenggerak roda depan dengan performa luar-biasa di Eropa. Diklaim bila tenaganya sanggup mencapai 309 HP dan mampu menghantarkan kecepatan penuh mencapai 270 km/jam.