Dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia sekaligus sebagai bagian dari program corporate social resonsibility (CSR), PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mendonasikan kendaraan kepada sejumlah universitas dan sekolah kejuruan. Melalui program yang bertema Nissan Juke for Education ini, Nissan mengalokasikan lebih dari Rp2 milyar dalam bentuk 9 unit Nissan Juke.

Sebanyak 8 unit Nissan Juke sudah diserahkan dalam periode 26 Juni – 2 Juli sebagai alat peraga pendidikan kepada Universitas Pendidikan Indonesia dan SMKN 2 Ciamis. Di Jawa Timur, dua unit Nissan Juke didonasikan kepada Universitas Negeri Malang dan SMKN 1 Trenggalek sedangkan empat unit Nissan Juke didonasikan kepada Universitas Negeri Yogyakarta, SMKN 2 Pengasih, SMKN 2 Wonosari dan SMKN 1 Gombong. Sementara sisanya akan diserahkan kepada Universitas Indonesia setelah hari libur lebaran.

“Kami harap penyerahan Nissan Juke sebagai alat peraga pendidikan dapat memberikan pengetahuan akan perkembangan terkini dari teknologi otomotif, serta meningkatkan keahlian dan kemampuan teknik para siswa, yang nantinya akan menjadi teknisi-teknisi handal,” jelas Steve Ardianto, President Director NMI di Jakarta (14/7).

Dalam kesempatan terpisah, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A sebagai salah satu penerima donasi menjelaskan bila donasi tersebut sangat penting bagi para mahasiswa. “Para siswa mendapatkan alat peraga baru berupa mobil utuh dengan teknologi modern, yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar-mengajar. Dengan begitu mahasiswa kami dapat mendalami teknologi terkini dari kendaraan masa kini,” jelasnya.

Selain donasi, Nissan juga berencana untuk memberikan training kepada para siswa dari pengajar berpengalaman Nissan College. NMI berharap bila dengan dilaksanakannya training ini, para siswa akan terinspirasi untuk terus mendalami kemajuan yang terjadi di dunia otomotif.