Seperti belantara lainnya, hutan di kawasan Bastnas, sebelah selatan Swedia ini pun terasa begitu hening ketika fotografer Svein Nordrum memberanikan diri untuk membelahnya.

Svein Nordrum 14

Sebagai juru foto yang portofolionya banyak dihiasi potret lanskap, jelas ini bukan kali pertama ia sowan dengan alam. Namun, hubungannya yang intens itu tak serta merta mengenyahkan perasaan janggal saat Nordrum membidikkan kamera.

Svein Nordrum 13

Nordrum menguraikan perasaan itu dengan ungkapan, “seperti berada di ujung dunia.” Iya, terkesan berlebihan. Apalagi saat kita mendekap imajinasi untuk tak menjabarkannya.

Svein Nordrum 12

“It is very quiet in there. It is a strange feeling when you’re there, as if you’re on the edge of the world,” tutur fotografer berusia 54 tahun ini, seperti dikutip berbagai media asing yang menyajikan ulang karya-karya.

Svein Nordrum 10

Wajar, mungkin Nordrum keludesan kata saat harus menjelaskan perasaannya. Manakala berhadapan dengan mobil-mobil peninggalan prajurit yang mengabdi pada Perang Dunia ke-2. Mobil-mobil itu sudah rusak, berkarat, ditumbuhi lumut. Bahkan, menurut Nordrum akar-akar pohon sudah menembus bodi hingga mengikat lingkar kemudi.

Svein Nordrum 1

Mungkin tak ada istimewanya kalau Nordrum hanya menjumpai satu-dua mobil yang dimaksud. Lagi pula, mobil itu datang dari merek-merek yang lumrah ; Ford, Opel, Volvo, Buick, Saab, Sunbeam.

Svein Nordrum 2

Tapi ini banyak sekali. Ditambah, kemunculannya yang tak serentak. Nordum hanya bisa melihat beberapa onggok lewat sekali pendangan. Tapi skenario itu terus berulang saat ia memalingkan visi ke lebatnya sudut rimba yang lain. Tak ada habisnya. Ditaksir, ada sekitar 1.000 bangkai mobil yang besemayam.

Svein Nordrum 3

“The forest is very dense. You can only see a couple of cars at any one time – the rest disappear into the woods,” katanya.

Svein Nordrum 4

Sejak era 50an, sejak tentara-tentara itu angkat koper dari kota tambang ini, pernah ada dua bersaudara yang mengelolanya. Tak ditemukan kilahnya, upaya mereka terhenti pada awal periode 1990.

Svein Nordrum 5

Membuat onggokan mobil klasik senilai £100,000 ini tak bertuan. Angka yang tentu bisa menghijaukan mata siapapun. Pernah ada wacana memindahkannya. Tapi dihalau penggiat lingkungan yang menilai peninggalan ini kadung menjadi habitat bagi ekosistem di sana.