Takahiro Hachigo resmi bergabung dengan Honda Motor Company sekitar tiga dekade silam. Jabatan pertamanya ialah sebagai R&D engineer yang bertangung jawab atas pengembangan rangka model original sports car Honda NSX. Model yang sekaligus melambungkan nama Hachigo.

Ia juga tercatat pernah menjabat asisten chief engineer yang menggawangi pengembangan van Odyssey. Singkat cerita, baru-baru ini ia terpilih sebagai CEO baru pabrikan Jepang tersebut.

Melihat catatan karirnya, mungkin banyak orang mengira garasi Hachigo disesaki mobil-mobil berperforma. Bahkan, tak menutup kemungkinan ia menyimpan model purna rupa yang tak jadi dipasarkan.

Padahal, justru sebaliknya. “Sayangnya, saya tidak punya mobil sekarang,” aku Hachigo.

Ia menceritakan kenyataan mengejutkan itu kepada awak media saat menggelar media roundtable perdananya sebagai CEO, seperti ditulis situs online Auto News.

Dengan pemasukannya sebagai CEO pemain besar di pasar otomotif global, tentu bukan hal sulit bagi Hachigo untuk meminang model terbaik. Bahkan produk yang dilansir bukan oleh perusahaannya.

Tapi ia tetap setia menunggu kreasinya sendiri untuk dijadikan besutan. “Ada model yang saya inginkan, yang mana, seperti sudah saya bilang akan diluncurkan pada musim gugur ini,” ujarnya.

Model yang ia maksud ialah Honda Civic Type R. Sebuah hatch back berpenggerak roda depan yang ditenagai mesin 2.0 liter turbocharged. Mesin yang diklaim mampu melejitkan Civic Type R dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam 5.7 detik. Dan mampu terus dipacu sampai top speed 269 km perjam.

Hachigo sendiri mempercayakan produksi model reinkarnasi ini kepada markas Honda yang berada di Inggris. Rencananya, Civic Type R bakal dipasarkan secara global, termasuk Amerika Serikat dan pasar Asia lewat Jepang.

Perkenalan Hachigo sendiri dengan otomotif bermula saat pria berusia 56 tahun ini banyak menghabiskan waktu di balik kemudi Toyota Celica milik keluarganya. Setelah bergabung dengan Honda, ia memilih Civic Wonder sebagai besutan harian. Lalu, ia juga sempat memiliki Accord dan model yang ia kembangkan sendiri Odyssey.

Sekarang, sambil menunggu Civic Type R rilis, Hachigo lebih sering menunggangi sepeda motor Honda VTR 250 untuk menunjang aktivitas hariannya. “Saya menyimpan VTR 250 di apartemen dan mengendarainya sekarang dan nanti,” tutupnya.