Setelah hampir lima tahun lamanya kerjasama stategis mereka terjalin, kini Daimler dan Renault-Nissan Aliance memperlebar kolaborasi mereka dengan memulai joint venture manufaktur. Produk pertama mereka adalah COMPAS yang berarti Cooperation Manufacturing plant Aguascalientes yang menjadi basis untuk kendaraan premium kompak bagi merek Mercedes-Benz dan Infiniti di Mexico Tengah.

Dengan pembagian kepemilikan 50:50 antara Daimler dan Nissan, pabrik yang berlokasi di Aguascalientes, Meksiko ini sanggup memproduksi lebih dari 23 ribu kendaraan setiap tahun. Dengan nilai investasi sebesar 1 milyar dolar AS, pabrik ini diprediksi akan mampu menyedot tenaga kerja sekitar  3,600 orang sampai dengan tahun 2020.

“COMPAS adalah contoh luar biasa dari pencapaian global Renault-Nissan Alliance dan Daimler. Bersama-sama kami menyatukan tenaga ahli di bidang manufaktur dalam satu pabrik produksi di Mexico untuk menghasilkan mobil kompak premium generasi terbaru,” jelas CEO COMPAS Ryoji Kurosawa.

COMPAS dipimpin oleh tim menejemen internasional Daimler dan Nissan dengan nama-nama pilihan dari kedua perusahaan tersebut. Sebagai contoh Kurosawa sendiri memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang manufakturing baik untuk Nissan maupun Infiniti. Jabatan terakhirnya adalah General Manager Tochigi Plant di Jepang yang memimpin produksi sedan Infiniti Q50.