Bagi yang belum sempat pelesir ke Italia, ada banyak cara untuk bisa mencicipi aroma Negeri Spaghetti. Sebut saja lewat desain ruang pamer milik Ferrari Jakarta yang terletak di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan. Showroom ini didesain atas dasar kesamaan dengan semua fasilitas layanan milik Ferrari di Italia, bahkan seluruh dunia.

Showroom-Ferrari-Jakarta-11

CEO Ferrari Jakarta Arie Christopher punya cerita, dalam proses pembuatannya, ruang pamer ini dirancang oleh rumah desain Fortebis. Perusahaan desain yang memang telah paham ringkikan sang Kuda Jingkrak.

Showroom-Ferrari-Jakarta-7

Lobinya tak begitu besar, nuansa yang dingin berkat penggunaan warna gelap pada dindingnya seolah menyejukkan tensi setelah bergelut dengan kemacetan di seberangnya.

Showroom-Ferrari-Jakarta-10

Perjalanan untuk merasakan ambiens sesungguhnya baru dimulai setelah melewati pintu di sebelah kiri lobi itu. Ada sebuah ruangan yang seolah meminta perhatian kami sejak menginjakkan kaki di gedung  milik grup MRA tersebut.

Showroom-Ferrari-Jakarta-1

Saat memasukinya, sapaan terus berlanjut. Namun, kali ini dihaturkan oleh perawakan California T yang grille-nya berada tak lebih dari dua meter di depan pintu. Buat kami yang tak terburu-buru, bisa dipastikan langkah tertahan untuk mencuri-curi pandang pada interior coupe tersebut yang terumbar begitu saja.

Showroom-Ferrari-Jakarta-9

Di lantai itu, California T didampingi dua model lainnya : Ferarri F12 dan 458 Spider. Di lantai dasar itu pula lah berdiri tempat bersantai yang seolah jadi suguhan spesial ruang pamer ini.

Showroom-Ferrari-Jakarta-3

Dengan laburan cat putih, ruangan santai itu punya kontras yang tajam berkat sentuhan yang mengubah dindingnya menjadi panggung memorabilia. Mulai dari buku dan berbagai miniatur model Ferrari serta komponennya menjadi wujud corporate identity yang hendak ditampilkan.

Showroom-Ferrari-Jakarta

Kenyamanan seperti berada di rumah sudah pasti terasa. Tapi, lebih dari itu, ruang santai ini merupakan wahana pembangun mimpi. “Mereka bisa sambil duduk, santai, sambil mengagumi mobil yang dipajang,” ujar Arie Christopher mengomentari desain ruang pamernya di sela makan siang seusai peluncuran 488 GTB, Jumat (31/7).

Showroom-Ferrari-Jakarta-12

Beda dengan lantai dasar yang membuat kita terkagum-kagum, lantai atas lebih menawarkan kehangatan. Area lantai atas yang lapang diisi oleh tampilan bermacam seat lengkap dengan contoh materialnya. Di seberangnya, ada pula lounge yang lebih serius dengan ornamen dari velg dan discbrake.

Showroom-Ferrari-Jakarta-8

Yakinlah, siapapun yang berkunjung ke lantai ini pasti akan mendekati sebuah kaca besar, yang memungkinkan kita menengok ke bawah. Ke arah mimpi-mimpi itu terpajang.