Membawa publik memasuki “dapur” produksi sebuah kendaraan bukanlah hal yang banyak dilakoni pabrikan. Wajar, biasanya di dalam pabrik tersebut ada teknologi yang tak ingin dipertontonkan kepada semua orang.
copen factory 2

Namun, tidak begitu halnya dengan Daihatsu yang membuka lebar-lebar pintu “rumah” kelahiran Copen di Ikeda, Osaka, Jepang. Sebelumnya, hanya para konsumen Copen yang berhak bertandang ke tempat ini.

Copen Factory 3

Mulai beberapa waktu lalu, siapa saja bisa mengunjungi Copen Factory untuk melihat fasilitas produksi convertible Daihatsu seharga Rp 400 jutaan tersebut. Jika ingin mengunjunginya, perhatikan jadwal berikut ini karena Copen Factory tidak dibuka untuk umum setiap hari.

copen factory 5

Jadwal kunjungan hanya dibuka setiap hari Selasa pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Sedangkan, dalam sehari kunjungan dibagi menjadi dua gelombang. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai jam yang berlaku.

copen factory 8

Saat melakukan tur pengunjung akan diberi pengarahan selama 10 menit. Selanjutnya, pengunjung dipersilahkan menelusuri jalur produksi selama 30 menit. Dan terakhir, ada sisa waktu 20 menit yang bisa dimanfaat sebagai waktu bebas. Nah, untuk jumlah peserta kunjungan dibatasi hanya 15 orang sekali tur.

copen factory 4

Siapkan kocek sebesar 1.000 Yen atau sekitar Rp120.000 untuk tiket masuk. Namun, mengutip ResponseJP, pelajar Sekolar Dasar (SD) atau yang berumur lebih muda dibebaskan dari biaya. Perlu diingat, sebelum berangkat pastikan telah mendaftar di situs Copen.jp.