Perkembangan dunia custom khususnya roda dua di Indonesia tidak kalah dengan mancanegara. Baik dari ide dan kreativitas para custom builder hingga ke komunitasnya. Sayangnya, masih banyak pelaku-pelaku bisnis otomotif yang malu serta ragu untuk terjun meramaikan scene ini. Belum lagi pengkotak-kotakkan yang ada di dalam scene custom sendiri serta masih ada segelintir penggiat yang salah kaprah soal penerapan modifikasi.

Sekepal-Aspal-Indonesia-Motoart-Exhibition-2015-a

Berangkat dari hal tersebut, Lawless Jakarta dan Saint Sinners MotorClothes untuk ketiga kalinya menghelat Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition. Sebuah pagelaran yang ditujukan untuk pecinta custom, termasuk elemen-elemen di belakangnya. Mulai dari motorcycle clothing sampai motoart. Mengingat ajang kali ini digelar Minggu (23/8) di Joglo @ Jeruk Purut Compound, Jakarta yang punya lahan cukup luas, maka SAIME 2015 bisa mengajak partisipan yang jauh lebih banyak ketimbang dua gelaran sebelumnya.

Sekepal-Aspal-Indonesia-Motoart-Exhibition-2015-a

“Tahun ini kita didukung oleh para sponsor sehingga bisa menggelar acara di venue yang lebih besar dengan lahan parkir yang lebih luas. Kita juga bisa memajang motor dua kali lebih banyak. Jumlah artisnya memang masih sama dengan tahun lalu. Namun kali ini mereka mendapatkan kesempatan untuk memajang karya yang lebih banyak, serta memajang motor dua kali lipat. Sementara untuk hiburannya kita bisa mendatangkan 6 band dan dua Dj,” jelas Rizky Mandra, salah satu penggagas SAIME.

Sekepal-Aspal-Indonesia-Motoart-Exhibition-2015-a

Alih-alih meraup untung lewat penjualan tiket masuk, SAIME justru membebaskan siapa saja untuk datang ke ajang yang juga diramaikan oleh beberapa selebritis penyuka roda dua ini tanpa harus membayar sepeser pun.

Sekepal-Aspal-Indonesia-Motoart-Exhibition-2015-a

“Tujuannya memang bukan profit. Tapi yang paling utama adalah menjalin networking untuk membesarkan market. Karena sebenarnya scene customnya sendiri memang sudah besar dan market masih malu-malu untuk masuk ke dalamnya. Kami ingin masyarakat luas tahu bahwa orang-orang yang terlibat di dalam SAIME memang orang-orang yang punya karya berkualitas,” tambah pembesut Harley-Davidson FXR Custom ini.

Sekepal-Aspal-Indonesia-Motoart-Exhibition-2015-a

Berbicara soal edukasi, Rizky mengatakan bahwa SAIME juga ingin menunjukkan ke publik soal custom baik motor maupun art yang proper adalah seperti yang dilakukan oleh para partisipan.

Sekepal-Aspal-Indonesia-Motoart-Exhibition-2015-a

“Sebenarnya banyak salah kaprah soal custom. Dengan adanya event ini kami ingin membuka wawasan teman-teman. Karena memang penampil-penampil di gelaran ini memang orang-orang yang punya karya terbaik dan karyanya telah terkurasi dengan sangat baik. Kami juga ingin mematahkan stigma bahwa karya orang-orang di luar negeri itu jauh lebih bagus ketimbang karya builder dan artis dalam negeri. Inilah saatnya kita menghargai ide dan kreasi anak bangsa,” tutupnya.