Dengan kedigdayaan mesinnya yang punya output hingga 160 horsepower, Ducati Monster 1200 R menjadi salah satu naked bike paling powerfull yang pernah dilansir Borgo Panigale. Setelah bayang-bayangnya sempat muncul pada minggu lalu, kini Monster terkuat itu siap menebar terornya di tengah lantai pameran Frankfurt Motor Show 2015.

Selama ajang pameran otomotif akbar itu berlangsung, Ducati Monster 1200 R akan bercokol di booth Audi. Hadir untuk menetapi janjinya membawa lumbung pacu Testastretta 11° DS twin-cylinder “R” yang telah memenuhi homologasi EURO 4. Serta rangka lebih sporty dan fleksibel yang cocok untuk penggunaan pada jalan raya maupun track.

Desain Monster 1200 R cukup kompleks hingga menimbulkan kontradiksi. Keindahan khas Italia yang diusungnya harus berpadu dengan aura-aura jahat. Guratan-guratan otot pada tangki Monster 1000R berhasil mewakili keperkasaan performa motor tersebut.

Sementara itu, keindahan juga mengalir dari depan hingga belakang melalui bangku model single seater. Di saat yang sama, rangka tubular dan muffler ganda beraksen sirip itu bersanding secara ideal.

Borgo Panigale menghadirkan Monster 1200 R dalam dua warna, Ducati Red dan Thrilling Blackdengan grafis “R” pada cover radiator yang dibuat menggunakan teknik sanding. Terulis, Ducati Monster 1200 R mampu berakselerasi hingga 96,5 km perjam dalam hitungan 3,2 detik.

Naked bike yang diperkenalkan secara langsung oleh Claudio Domenicali, CEO of Ducati Motor Holding pada momen Volkswagen Group Night kemarin itu akan menyambangi pasar pada awal 2016. Belum didapat informasi mengenai banderolnya.

IMG: Kai Pfaffenbach / Reuters