Tak cuma dimeriahkan model produksi massal, pameran otomotif juga selalu menyuguhkan mobil-mobil konsep. Mobil konsep atau prototype biasanya dimanfaatkan produsen untuk memancing respon pasar mengenai rencana ubahan radikal tampilan produknya. Selain tentunya sebagai kesempatan unjuk gigi teknologi terkini. Berikut ini jajaran mobil konsep di Frankfurt Motor Show 2015 favorit TheGaspol.

Concept FMS 2015 - Mercedes-Benz Intelligent Aerodynamic Automobile (IAA) Concept (2)

Mercedes-Benz Intelligent Aerodynamic Automobile (IAA) Concept

Mobil konsep yang tampil sleek ini merupakan wacana the Three-pointed Star mengenai wujud S-Class beberapa dekade ke depan. Dilihat dari namanya, aspek aerodinamika merupakan fitur kunci prototype ini. Terdapat sebuah tombol untuk mengaktifkan perubahan bodi pada momen-momen tertentu. Contohnya, enam segmen spoiler  Mercedes-Benz IAA Concept yang bisa menjulur sepanjang 38,1 cm guna meredam turbulensi. Ada pula flaps pada bumber yang berguna menyempurnakan airflow di sekitar front fender. Bagi yang peduli, mobil ini punya drag coefficient(Cd) hanya 0.19.

Concept FMS 2015 - Bugatti Vision Gran Turismo 1

Bugatti Vision Gran Turismo

Konsep ini lahir sebagai perwujudan hasil render mobil virtual game Gran Turismo. Fascia-nya diprediksi merupakan bocoran model terbaru hypercar Bugatti Chiron. Dari sudut pandang desain, mobil ini punya penampilan yang sangat agresif dan didapuk membawa evolusi DNA desain automaker Perancis tersebut. “Mempersembahkan bentuk dan bahasa desain baru yang telah dikembangkan oleh brand untuk merayakan babak baru setelah berakhirnya era Veyron,” jelas Achim Anscheidt, bos desain Bugatti.

Concept FMS 2015 - Porsche Mission E Concept 1

Porsche Mission E Concept

Penantang Tesla selanjutnya ialah Porsche Mission E Concept yang siap merongrong dengan motor elektrik 592 bhp. Datangnya mobil konsep ini merupakan indikasi rencana Porsche memproduksi saloon elektrik pada tahun 2017 nanti. Sementara itu, wujud Porsche Mission E Concept sendiri merupakan gabungan antara karakter agresif hypercar 918 dan Panamera. Konstruksi bodinya dibuat menggunakan bahan baku aluminium yang dicampur baja dan serat karbon.

Concept FMS 2015 - Mazda Koeru SUV 2

Mazda Koeru SUV

Produsen Jepang tak mau kehilangan pamor di hajatan otomotif akbar benua Eropa. Mazda berhasil mencuri perhatian publik Frankfurt dengan prototype Mazda Koeru SUV. Meskipun grille depannya sangat identik dengan milik CX-3, namun dari A-pillar hingga ke buritan SUV ini menyuguhkan bodi yang segar. Terdapat bumbu-bumbu gaya coupe dari bentuk atapnya yang melandai. Mobil yang namanya diambil dari bahasa Jepang untuk “go beyond” ini jadi contoh seandainya Mazda membuat SUV mewah yang bisa bersanding dengan SUV premium seperti BMW X4.

Concept FMS 2015 - Volkswagen Golf GTE Sport (1)

Volkswagen Golf GTE Sport

Volkswagen memanfaatkan Frankfurt Motor Show 2015 sebagai momen selebrasi 40 tahun melenggangnya Golf GTI dengan meluncurkan edisi spesial Clubsport. Mobil yang sebetulnya sudah diperkenalkan oleh VW sebagai konsep sejak Mei 2015 silam. Nah, kali ini mereka kembali memperkenalkan mobil yang mereka sebut konsep, yakni Volkswagen Golf GTE Sport. Mobil ini digerakkan oleh duo mesin Polo R WRC 295 hp dan sepasang motor elektrik berkekuatan 113 hp di masing-masing asnya. Mambuat mobil konsep ini mampu melesat hingga 100 km perjam dalam 4,3 detik dengan top speed 280 km per jam.

Concept FMS 2015 - Honda Project 2&4 1

Honda Project 2&4

Jika boleh memilih satu mobil terunik yang paling membuat penasaran, tentunya kandidat itu adalah Honda Project 2&4. Proyek radikal hasil kolaborasi divisi sepeda motor, mobil, dan desain brand Jepang tersebut. Mobil konsep yang menggunakan mesin RC213V MotoGP itu berupaya menggabungkan sensasi berkendara open-top sepeda motor dengan kemampuaan manuver mobil. Desain bodi serta skema mesin mid-mounted Honda Project 2&4 meminjam ide yang diaplikasikan pada mobil Formula One Honda 1965, sebagai penyandang gelar mobil Jepang pertama yang berhasil menjuarai grand prix.