Di kalangan anak muda nama C.&J. Clarks memang tak sepopuler Doc Martens. Padahal, perusahaan milik keluarga Clarks ini sudah eksis jauh sebelum boot yang jadi ikon subkultur Mod itu ada.

Sejak berdiri tahun 1825, C.&J. Clarks selalu memproduksi boot berkualitas. Tak melulu sendiri, kolaborasi pun dilakukan guna memperluas jajaran produk yang dikedepankan. Contohnya saat mereka bergandengan dengan produsen motor yang sama-sama merupakan warisan budaya Negeri Britania Raya.

CLARKS-X-NORTON-THE-RISE-BOOT-3

Dalam situs resminya, Paul Reese yang merupakan resident shoemaker C.&J. Clarks menjelaskan bahwa kolaborasi perusahaannya dengan Norton berhasil melahirkan sepatu yang dibuat dengan kualitas. Mereka dirancang agar kuat berkat penggunaan kulit-kulit yang paten.

Singkat kata, mereka ingin menciptakan boot yang benar-benar boot. Bukan yang menyerupai boot. “Boot ini tidak pura-pura,” komentar Paul mengenai salah satu masterpiece-nya yakni Norton Zip. Selain itu, masih ada enam model lain yang telah mereka pasarkan.

Norton Zip

Norton Zip “The New Icon

Boot ini didefinisikan sebagai hasil murni kerjasama mereka. Melalui sepatu ini mereka membagi obsesinya dalam hal desain, kualitas bahan, fungsi, sampai sejarah. C.&J. Clarks mendapuknya dengan satu kata, “unparalelled.”

Norton mellor-top-big

Mellor Top “The Dress Boot

Mellor Top merupakan boot bagi pengendara motor yang mengusung desain bergaya Chelsea. Mudah dipadukan dengan pakaian apapun ialah kekhasannya.

Norton Rise boots

Norton Rise “The Classic Boot

Boot pemotor masa kini yang dibuat menggunakan desain klasik. Seperti produk sebelumnya, terdapat panel yang berguna memberi “cengkraman” pada saat perpindahan gigi.

Norton Brass

Norton Brass “The All Action Boot

Desainnya yang mencapai betis membuat boot ini bisa digunakan untuk semua tujuan. Biker bisa menyisipkan jeans-nya ke dalam boot untuk tampil layaknya seorang officer atau membiarkannya terurai demi menciptakan kesan kasual.

Norton Free Boots

Norton Free “The Simple Boot

Boot bagi biker yang menggemari tampilan sederhana namun tetap layak. Profilnya yang ramping sangat stylish.

Norton Pace Boots

Norton Pace “The Formal Boot

Seperti produk sebelumnya, Pace menyuguhkan kesan formal melalui desainnya yang ramping. Penabamhan tali juga membuatnya terlihat lebih smart.

Norton spin Boots 1

Norton Spin “The Masculine Boot

Walau hadir dengan profil yang tipis tapi Norton Spin berhasil mengungkapkan sisi maskulinnya. Diklaim sebagai produk yang mengalami kepopuleran sangat masif.

TheGaspol sempat menyambangi salah satu penyalur Clarks yang ada di kawasan Senayan, Jakarta. Sayangnya, tak ada tanda-tanda penampakkan koleksi ini di etalase gerai mereka.