Kabar mengharukan datang dari Pebalap McLaren, Jenson Button. Setelah berkiprah di dunia Formula 1 selama 16 musim, pria Inggris ini dikabarkan akan menjalani laga terakhirnya di GP Jepang akhir pekan nanti.

Button kini menginjak usia 35 tahun, belum terlalu tua untuk usia seorang pebalap yang memutuskan untuk pensiun. Bahkan Mclaren sebenarnya telah menjajaki kontrak baru untuk memperkuat tim yang identik dengan warna chrome ini di musim depan. Kabar lain yang memuluskan langkah Button pensiun adalah performa mesin Honda yang tidak memuaskan selama tahun ini. Dalam GP F1 selama tahun 2015, Button tercatat baru memperoleh 6 poin dari hasil GP Monaco dan Hungaria.

“Kesenangan berada di dalam mobil F1 adalah jika kamu berada di sana dan bertarung di depan hingga akhirnya mendapat sesuatu,” ujar Button usai balapannya yang buruk di Singapura, Minggu lalu (20/09)

Jika berbicara karirnya di dunia Formula 1, Button termasuk pebalap unggulan yang selalu berebut posisi teratas. Pernah merasakan gelar juara dunia pada tahun 2009 bersama Brawn GP, karirnya terus merosot hingga saat ini. Prestasi lainnya, pebalap ini telah mengoleksi 15 kemenangan GP dan 50 kali naik podium. Button juga tercatat sebagai tiga besar pebalap Formula 1 yang memiliki catatan balap terlama, yaitu sebanyak 278 race yang pernah diikutinya.

Jepang sendiri tampaknya sengaja dipilih Button karena kecintaan yang besar akan negeri Sakura. Suzuka adalah sirkuit favoritnya dan dia masih memiliki banyak supporter loyal di sana, termasuk juga istrinya, Jessica yang merupakan asli kelahiran Jepang.