Bagi sebagian orang bukanlah sepeda motor baru yang diinginkan. Melainkan teknologi tercanggih yang tersemat pada produk anyar tersebut.

Kabar baik datang bagi pemilik sepeda motor BMW Motorrad karena automaker Negeri Bavaria tersebut memutuskan untuk memperluas jangkauan teknologi pengereman ABS Pro ke beberapa model lamanya.

Teknologi yang sebelumnya hanya ada pada sportsbike BHP 4 tersebut, kini juga hadir untuk sportstouring BMW K 1600GT/GTL sebagai bawaan pabrik. Kemudian, ada juga paket opsional ABS Pro untuk BMW R1200GS dan R1200GS.

Sama halnya dengan S 1000 RR lansiran tahun 2012 – 2014. Khusus untuk model terakhir, sistem ABS Pro dilengkapi mode “Race.”

Secara keseluruhan teknologi ABS Pro didesain untuk penggunaan jalan raya. ABS Pro membuat kinerja sistem penghentian lebih aman saat pengendara sedang melahap tikungan.

Caranya, ABS Pro mengantisipasi ban mengunci saat tuas rem ditarik secara tiba-tiba. Mengurangi potensi perubahan steering force mendadak sehingga sepeda motor jadi lebih stabil.

Banderolnya sangat bervariasi. Misal, harga ABS Pro untuk R1200GS ditaksir akan berkisar $710. Kemudian, untuk S1000RR dikabarkan akan bereda dengan harga $470 sampai $515.

Langkah perluasan jangkauan ini BMW Motorrad lakukan sebagai bagian dari strategi Safety 360°. BMW Motorrad tengah mempersiapkan model 2016 S1000RR yang telah dilengkapi ABS Pro. Bahkan, untuk flagship K1600 GT/GTL/GTL Exclusive sudah tersebut sejak Agustus tahun ini.