Masih ingat film Back to The Future? Bukan hanya mobil ikonik DeLorean DMC-12 yang pernah nampang dalam franchise tersebut namun juga BMW 633 CSI.

Bedanya, kalau DeLorean dipakai sang jagoan Marty dan Dr. Emmett Brown sebagai mesin waktu, mobil yang kedua merupakan besutan pemeran antagonis Griff Tannen bersama komplotannya saat meneror kota.

Menyambut Back to the Future Day 2015 yang jatuh pada 21 Agustus, memorabilia mengenai film tersebut kembali membanjiri dunia maya. Salah satu kisah yang menarik ialah cerita seorang penggemar BTTF asal Connecticut Jeff Chabotte dalam upaya mendapatkan BMW 633 CSI yang digunakan pada sekuel kedua BTTF.

Jeff kali pertama mendapat mobil tersebut pada Desember 2004. “Mobil tersebut berada di sebuah musem otomotif di Branson Missouri, telah beberapa tahun berada di display,” jelasnya. Dalam video wawancaranya dengan salah satu media asing, Jeff menambahkan awalnya permohonan untuk meminang mobil tersebut ditolak.

Namun kabar baik datang enam bulan kemudian lewat surat elektronik yang diterimanya. “Tentunya saya akan mengambil kesempatan tersebut,” sambut Jeff atas keputusan pemilik yang akhirnya melepas mobil itu.

Jeff melakukan penyeledikan lebih dalam mengenai mobil yang telah lama ia idam-idamkan. Mobil dimaksud ialah BMW 633 CSI tahun 1976. Mobil dari kelompok produksi 400 unit pertama dengan spesifikasi Eropa. Maka Jeff harus membiasakan diri untuk memahami semua keterangan pada dasbor yang menggunakan bahasa Jerman.

Untungnya, Jeff tidak berencana menggunakan mobil tersebut untuk melenggang di jalan raya setiap hari. Sama hal dengan peran mobil tersebut di BTTF 2. Karena pada dasarnya mobil itu tidak diskenariokan untuk berjalan. Kru film mengangkatnya dengan forklift untuk menciptakan efek terbang.

Walau Jeff melakukan banyak restorasi agar mobil tersebut tampil lebih layak, ia berusaha mempertahankan keaslian beberapa komponen dari film. Contohnya, tiga buah roda dan rumah lampu belakang yang terkena pukulan Griff saat coba menghalau Marty yang melayang di atas hoverboard.

Sayangnya, hingga kini sepertinya Jeff belum berhasil membuat BMW 633 CSI nya roadworthy. Dalam video itu, mobil yang aslinya berwarna abu-abu itu beberapa kali mengalami mati mesin saat hendak dijalankan.

“Agak mengerikan mengemudi di atas suspensi berusia hampir 40 tahun. Mengejutkan, mobil itu tidak rusak atau rontok di tengah jalan. Persenelingnya sangat sensitif,” jelas Jeff tentang rasanya mengendarai mobil tersebut.