Kamis (15/10), PT Piaggio Indonesia secara resmi memboyong dua legenda sepeda motor Italia yaitu Moto Guzzi dan Aprilia ke tanah air. Kedua brand motor ini memang masih jarang kita temui di jalan raya perkotaan seperti Jakarta ataupun kota – kota besar lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu, TheGaspol ingin memperkenalkan kedua brand ini lebih dalam kepada Anda.

Menurut sejarahnya, Moto Guzzi mulai dirakit sejak tahun 1921 di wilayah danau como dekat pegunungan Alpen. Dalam kiprahnya, Piaggio Group telah mengembangkan desain dan mesin Moto Guzzi untuk menuju kesempurnaan hingga saat ini. Selama lebih dari 90 tahun, Moto Guzzi telah melahirkan sejumlah model dan gaya yang kini mulai digemari para bikers tanah air.

Launching-Moto-Guzzi-Aprilia-Indonesia-2

Melihat peluang tersebut, mereka telah menyiapkan empat model unggulan yang dibawa ke Indonesia. Keempat motor ini juga memiliki gaya yang berbeda, para calon konsumen dapat memilih Moto Guzzi sesuai dengan kebutuhan sang pengendara. Jika Anda menyukai motor yang memiliki tenaga besar dan memiliki spesifikasi touring, Moto Guzzi telah menghadirkan California Touring SE yang membopong mesin 1.400 cc powerfull, motor ini juga memiliki tingkat aerodinamis tinggi khas motor touring. Ciri – ciri lainnya, California menggunakan windshield “Patroli” di bagian depan.

Launching-Moto-Guzzi-Aprilia-Indonesia-1

Beralih ke model Audace, tidak perlu diragukan lagi. Sebutannya saja muscle bike, apalagi insyinur perakit Moto Guzzi juga mengaplikasikan mesin 1.400 cc kepadanya. Ini salah satu kuda besi jalanan terkencang dengan mesin V Twin Made in Mandello. Tampilan luarnya macho dan memberikan kesan tunggangan masa depan. Tidak semua bagian motor menggunkan cover, Moto Guzzi sengaja membuat Audace tampak telanjang agar dapat memamerkan otot – ototnya. Motor ini malahan mampu menghasilkan torsi mencapai 121 Nm di rentang rpm 3.000.

Launching-Moto-Guzzi-Aprilia-Indonesia-4

Kali ini giliran kita membahas kembar V7 II yang hadir dengan tipe Stone dan Racer Limited Edition. Keduanya telah dipersenjatai mesin 750cc terbaru. Model ini juga merupakan backbone Moto Guzzi dalam industri roda dua. Di eropa, motor ini salah satu naked bike terpopuler karena modelnya yang simple dan tetap menghadirkan kemewahan di dalam desain retronya. V7 II kini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS ganda yang disebut MGCT (Moto Guzzi Traction Control). Selain itu, V7 II telah mengadopsi Gearbox 6 speed baru. Karena V7 II Racer termasuk limited edition, Moto Guzzi menambahkan beberapa cover dan warna chrome disekujur tangkinya.

Launching-Moto-Guzzi-Aprilia-Indonesia-3

Dalam kesempatan yang sama, Piaggio Group juga memperkenalkan Aprillia RSV4 RR dan RSV4 RF. Motor ini memiliki sejarah panjang dalam dunia balap, sejauh ini Aprilia telah mengumpulkan 54 titel kejuaraan dunia. Melihat desainnya, motor ini memang bergaya sport bike jalan raya dan juga lintasan balap. Model ini masih eksis di dalam kejuaraan Superbike sampai sekarang. Untuk menunjang performanya, kedua motor Aprilia menggunakan mesin V4 65 yang belum pernah digunakan pada motor sport pabrikan lain.

IMG_5101

Dengan hadirnya motor – motor branded asal Italia ini, maka Piaggio Group harus siap membentangkan sayap penjualan mereka di Indonesia. Dalam waktu dekat, kabarnya PT Piaggio Indonesia akan membuka Motoplex di kawasan Bintaro – Jakarta. Nantinya Motoplex akan menjadi “rumah” bagi Moto Guzzi, Aprilia, Vespa dan Piaggio. Sebuah ide brilliant, patut kita tunggu kiprahnya dalam pasar otomotif roda dua di Indonesia.