Sultan Johor Malaysia punya selera tak biasa untuk urusan koleksi kendaraan. Bukan supercar atau mobil lawas bernilai tinggi layaknya koleksi-koleksi figur publik sekelasnya, melainkan sebuah truk. Sang Sultan baru saja mendapatkan truk barunya dari divisi khusus produsen kendaraan kelas berat asal Australia, Mack Trucks.

Sultan memilih line up The Super-Liner untuk truk barunya. Sebuah model yang dikenal tangguh dan dirancang untuk menaklukkan alam Negeri Kangguru yang terkenal ekstrim. Tentunya, truk tersebut telah mendapat sentuhan istimewa. Sampai-sampai, ragam ubahan tersebut membuat banyak asing mengibaratkan Sultan ingin membuat kerajaan berjalan.

Seperti truk mewah kebanyakan, terdapat dapur lengkap dengan segala perkakasnya di dalamnya. Kemudian, khusus ruang istirahat truk milik Sultan dibuat 80 persen lebih luas dibanding The Super-Liner wajarnya. Yang paling nyentrik terdapat di bagian buritan. Dimana Sultan punya area bersantai yang bisa digunakan untuk pesta barbekyu.

Kalau semua ubahan tersebut terdengar biasa-biasa saja, itu karena keistimewaan sesungguhnya ada pada ditail. Misalnya, tempat tidur ganda serta kursi-kursi memiliki 72.000 jahitan benang emas. Bahan baku serupa juga digunakan pada ornamen macan yang menghiasi bagian hood.

“Ini mimpi saya. Apa saya tersenyum?” gurau Sultan, seperti ditulis situs ABC. “Saya selalu mengapresiasi kemampuan teknik Australia dan saya sudah mengoleksi beberapa Holden selama tahunan,” tambahnya. “Saya tak sabar menunjukkan karya ini kepada orang-orang di Johor setelah The Super-Liner dikirim,” tutup Sultan.

Truk tersebut dibangun di markas Mack Trucks yang berlokasi di barat daya kota Brisbande. Beredar bocoran kalau Sultan merogoh kocek hingga lebih dari $1.000.000. Membuat truk tersebut didapuk sebagai unit paling mahal yang pernah dibuat Mack Trucks. Sebagai perkenalan, kabarnya Sultan akan menganjak truk barunya jalan-jalan di kegiatan amal akhir bulan ini di Malaysia.