Wahana 4×4 Challenge jadi salah satu suguhan utama Jakarta Auto Show (JAS) 2015 yang berlangsung hingga 1 November nanti, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Kalau antrian tergolong sepi, pengunjung bisa mencoba beberapa mobil yang digunakan untuk menanjak hingga ketinggian enam meter dengan kemiringan empat puluh tujuh derajat.

Keberuntungan semacam itu TheGaspol dapat saat menjajal wahana 4×4 Challenge Jakarta Auto Show (JAS) 2015 pada Jumat sore, (30/10). Pada kesempatan pertama, TheGaspol mencicipi performa sistem penggerak empat roda milik Renault Duster dengan driver Iwan dari Indonesian Off-Road Federation (IOF) di balik kemudi.

Karakteristik mobil tersebut mengharuskan dirinya menginjak pedal gas lebih dalam untuk bisa mendapat tenaga yang cukup dari bawah. Alhasil, mobil yang melaju cukup kencang hingga mengalami skid sebelum sampai ke puncak.

“Karena mobil (Renault Duster) ini nggak ada low gear,” jelas Iwan sambil menahan laju mobil di puncak, sementara kami mengambil beberapa foto panorama sekitar arena. Ia menyarankan agar kami mendaftar lagi untuk membandingkan tantangan serupa dengan mobil lain yang tersedia, yakni Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Benar saja, terlepas dari soal harga serta spesifikasi keduanya, Mitsubishi Pajer Sport Dakar memberi sensasi yang berbeda. Dengan karakteristik mobil tersebut, si pengemudi bisa lebih rileks membawanya menuju puncak. Namun sayangnya, lambat laju mobil melewati rintangan malah menambah kengerian.

“Sensasinya beda, kan, bro?” kelakar Iwan yang sedang menyelaraskan kemudi untuk menuruni rintangan.

Buat yang gemar wisata adrenalin, wahana 4×4 Challenge jelas patut dicoba. Pilihan mobil lain yang bisa digunakan yaitu, Nissan Navara dan Isuzu D-Max. Setiap pengunjung bisa mendapat pengalaman ini secara cuma-cuma selama pagelaran Jakarta Auto Show (JAS) 2015 berlangsung.

“Harusnya Mercy G-Class, Land Rover Defender, sama Range Rover Evoque juga ikut, nih,” tutupnya.