Kabar duka datang dari kancah Kustom Kulture internasional. George Barris, desainer Batmobile yang tampil dalam serial TV original tahun 1966 dikabarkan meninggal dunia pada usia 89 tahun. Barris merupakan salah satu artis penggagas gerakan Kustom Kulture hingga gaungnya bisa mendunia seperti sekarang.

Kabar duka itu tersiar dari laman akun Facebook milik anaknya, Brett Barris. Dikatakan, “King of Kustomizers” meninggal, pada Kamis pagi (5/11) di kediamannya yang berlokasi di Los Angeles, AS. Pihak keluarga tidak mengumumkan penyebab wafatnya George. Namun yang pasti, dirinya memang mengalami penurunan kondisi kesehatan dalam beberapa waktu belakangan.

“Raja kustom mobil legendaris, George Barris, telah pindah ke ‘garasi’ yang lebih besar di langit,” tulis Brett. Dirinya menambahkan, George meninggal pada pukul 02.45 dini hari. “Dia dikelilingi oleh keluarga di rumahnya yang nyaman. Dia menjalani hidup seperti yang diinginkan hingga akhir hayatnya. Dia ingin semua orang untuk merayakan gairah hidupnya dan apa yang telah ia ciptakan untuk dinikmati orang,” sambung Brett.

Nama George Barris selalu jadi yang pertama muncul manakala Hollywood membutuhkan mobil-mobil kustom. Batmobile tahun 1966 dengan basis Lincoln Futura 1955 merupakan salah satu karya besarnya. Selain itu, dirinya juga yang berada di balik tampilan futuristik mobil pemberantas kejahatan dalam film “Knight Riders.”

Deretan nama selebriti yang pernah menggunakan jasanya, meliputi Frank Sinatra, Elvis Presley, Burt Reynolds, Sylvester Stallone, dan para eksekutif studio-studio Hollywood.