Banyak cara untuk mengentalkan nuansa otomotif di dalam ruangan. Salah satunya dengan menggunakan furnitur bertema kendaraan. Hthree Garage Costum, rumah modifikasi yang bermarkas di Cibubur, Jakarta punya solusi untuk itu.

Di ajang Indonesia Diecast Expo 2015 mereka memamerkan sofa berbentuk bagian belakang mobil klasik Cadillac 1959. “Kita menyediakan konsepnya (sofa) tapi untuk konsumen yang punya ide sendiri, kita bisa buatkan,” ungkap Andy Hariyandi, tenaga pemasar Hthree Garage Custom di Jakarta.

Bagian bodi sofa ini terbuat dari bahan plat besi setebal 1 mm. “Hampir sama dengan standar bodi mobil Jepang,” imbuh Andy. Dikatakan, untuk busanya dilapisi kulit dari merek yang telah populer di dunia otomotif Tanah Air. Sementara tail light dan aksesoris memanfaatkan replika yang banyak beredar di pasaran.

Proses pembuatan tergolong cepat. Hthree Garage Custom hanya butuh waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan satu pesanan. Proses pengerjaan diawali pembuatan rangka besi berbentuk persegi. Dilanjutkan dengan pemotongan pola bodi sesuai keinginan konsumen sampai akhirnya pengecatan.

“Intinya kita buat sesuai keinginan konsumen. Modifikasi juga bisa dilakukan. Misalnya, penambahan sound system atau lemari,” sambung Andi.

Sampai sekarang Hthree Garage Custom sudah menyelesaikan sepuluh unit sofa. Mereka tidak memasang target penjualan yang muluk-muluk lantaran menyadari produknya punya ceruk pasar sangat sempit. Pembelinya kebanyakan penyuka kendaraan klasik yang menginginkan furtinur berbeda di garasi atau di dalam rumahnya.

Hthree Garage Custom punya target untuk menjual sofa ini hanya sebanyak seratus unit hingga akhir tahun depan.

Untuk diketahui, sofa Cadillac 1959 ini dibanderol Rp30 juta. Walau tentunya harga tersebut bisa bertambah seiring makin banyaknya fitur yang disematkan. “Pembayaran bisa dilakukan enam puluh persen di muka, sisanya sambil jalan,” tutup Andi.