Kegagalan beberapa merek memikat hati konsumen lewat Sport Utility Vehicle (SUV) versi atap terbuka tak membuat Land Rover gentar. Malah mereka tampak makin yakin untuk meluncurkan Range Rover Evoque convertible.

Didapuk sebagai “world’s first luxury compact SUV convertible,” mobil ini akan menjalani debutnya di LA Auto Show, pada 20-29 November mendatang.

Di pagelaran tersebut publik bisa menyaksikan langsung SUV tiga pintu dengan atap kain yang diklaim bisa menutup dalam hitungan 21 detik pada kecepatan 30 km perjam. Untuk menutupnya, bisa dilakukan lebih cepat dengan hanya memakan waktu 18 detik.

Selain itu, aspek kekedapan kabin kerap jadi fokus untuk mobil convertible. Pabrikan berusaha meyakinkan publik jika Range Rover Evoque convertible punya kesunyian kabin yang sepadan dengan versi hard-top­ lima pintu.

Minusnya, saat atap ditutup, volume ruang kargo tereduksi sampai hanya menyisakan daya tampung 251 liter. Bandingkan dengan bagasi versi hard-top yang punya luas 420 liter.

Beralih ke sektor keamanan, Range Rover memperkuat Pilar A Evoque convertible dan bagian bawah bodi. Peningkatan tersebut diharapkan mampu menahan tambahan beban dari mekanisme atap elektronik dan ­roll-over bar yang tersimpan di bagian belakang bodi seandainya mobil terguling.

Range Rover Evoque convertible versi Amerika dibekali mesin bensin 2,0 liter turbocharged yang disandingkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Output-nya sebesar 237 hp dan sistem penggerak semua roda datang sebagai bawaan. Sementara untuk versi Eropa, Evoque convertiblepunya mesin disel 2,0 liter TD4 Ingenium.

Nantinya, di sana Evoque convertible akan dipasarkan pada kisaran harga US$50.475 atau sekitar Rp685 jutaan.