Pameran EICMA atau Milan Motor Show 2015 yang akan berlangsung selama 19 hingga 22 November mendatang di Fiera Milano, Milan, Italia, selalu jadi momen penting bagi pemain dalam industri kendaraan roda dua. Tak terkecuali peserta tua rumah, Piaggio Group, yang akan membawa merek Piaggio, Moto Guzzi, dan Aprilia.

Dikabarkan, Moto Guzzi akan memperkenalkan satu model barunya, yakin Moto Guzzi V9, sepeda motor yang punya kapasitas mesin 850cc. Motor tersebut akan hadir dalam dua varian, yakni V9 Bobber dan V9 Roamer. Khusus varian kedua, disebut-sebut akan punya tampilan “mid-size custom bike.” Motor ini akan menyasar market Amerika.

Sementara itu, dari merek Aprilia, RSV4 tampaknya akan mengalami perubahan minor. Berita besar justru datang dari Aprilia Factory Project, gagasan yang memungkinkan konsumen memesan RSV4 langsung ke Aprilia Racing. Istimewanya, motor tersebut nantinya dibangun atas dasar kebutuhan konsumen, sesuai dengan regulasi kejuaraan Superstock dan Superbike di negara asal konsumen.

Lalu, untuk merek skuter Piaggio, mereka punya dua model yang akan menyapa publik. Pertama, generasi kedua Liberty yang kini hadir dengan mesin empat-tak dalam berbagai kapasitas, mulai dari 50cc, 125cc, dan 150cc. Kemudian skuter Medley yang punya dimensi berada di tengah-tengah, antara Liberty dan Beverly. Kapasitas mesinnya masih jadi spekulasi, antara 125cc atau 150cc.

Sayangnya, penggemar motor berjenis bagger masih harus bersabar menunggu Moto Guzzi MGX-21 yang punya basis serupa dengan California 1400cc karena motor itu baru akan menyapa di Sturgis pada tahun 2016. Untuk saat ini, Moto Guzzi punya fokus meramaikan geliat motor scrambler dengan V7 II Stornello. Di sini, dia akan berebut tempat dengan Triumph dan Ducati yang lebih dulu hadir.